Kemenpora tunggu kedatangan direktur Manor terkait Rio

id rio haryanto

Kemenpora tunggu kedatangan direktur Manor terkait Rio

Rio Haryanto (Foto ANTARA/Dok)

Jakarta (Antara Jogja) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menunggu kedatangan dari Direktur Manor Racing ke Indonesia terkait pembicaraan kontrak Rio Haryanto.

        "Saat ini masih menunggu direktur dari Manor, selain itu juga menunggu adanya kemungkinan sponsor swasta yang mendukung," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi ketika ditemui di Komplek DPR, Jakarta, Kamis.

        Di sisi lain, ibu Rio, Indah Pennywati mengatakan, sampai kini manajemen masih belum mendapatkan sponsor untuk menutup sisa kontrak yang harus dibayarkan kepada Manor racing.

        Untuk berlaga pada F1 2016 ini, pebalap berusia 23 tahun ini terikat kontrak dengan Manor Racing yang nilainya 15 juta euro dan kini sudah ada 7,5 juta euro.

        "Masih ada 7,5 juta euro kekurangannya dan sampai kini kita tetap berjuang untuk mendapatkan sponsor agar bisa menutup semuanya," katanya.

        Ia mengakui, memang beberapa perusahaan sudah didatangi setelah mendapatkan konfirmasi tetapi mereka beranggapan bahwa Rio Haryanto sudah dibiayai oleh pemerintah. Dana yang sudah ada sekarang ini (7,5 juta euro), lanjut dia, berasal dari PT Pertamina dan keluarga.

        Menurut dia, sesuai kontrak kalau belum bisa memberikan konfirmasi untuk lanjut ke satu sesi. Tentunya Manor bisa mencari "driver" lain . "Kami masih terus berupaya mencari sponsor," katanya.

        Indah Pennywati mengatakan, sebenarnya waktunya sudah lewat yaitu April 2016, tetapi manajemen tetap berusaha sebisa mungkin untuk minta kepada Manor. "Manor hanya minta konfirmasi soal itu," katanya.

        Menurut informasi terakhir, pebalap nasional yang tergabung dalam Tim Manor Racing Rio Haryanto berangkat ke Kanada untuk mengikuti race ketujuh lomba balap mobil Formula Satu (F1) yang berlangsung  10-12 Juni 2016.

        Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Semarang, Jateng, Jumat, mengatakan, sekarang ini Rio Haryanto masih berada di Inggris (basecamp-nya Manor Racing) usai menjalani race keenam di Monaco beberapa waktu lalu.

        Ketika ditanya apakah pebalap asal Solo, Jateng, tersebut pernah membalap di Kanada sebelumnya, Indah Pennywati mengatakan, belum pernah tetapi Rio akan berusaha maksimal untuk bisa tampil maksimal di sana.

(T.A072)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024