Kemenpora usulkan ubah anggaran untuk Asian Games

id kemenpora

Kemenpora usulkan ubah anggaran untuk Asian Games

Kemenpora (ANTARA News/Grafis)

Jakarta (Antara Jogja) - Kementerian Pemuda dan Olahraga mengusulkan mengubah alokasi anggaran pembenahan Stadion Gelora Bung Karno menjadi biaya hak siar.

        "DPR merespons hal ini dengan baik, dan kami berterima kasih kepada DPR, semoga bisa menghemat biaya anggaran Asian Games," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi usai rapat kerja dengan DPR di Jakarta, Rabu.

        Imam mengatakan biaya tersebut sebesar Rp500 miliar untuk renovasi Stadion GBK, namun dialihkan menjadi ke beberapa subsektor.

        Hal pertama yang ingin dialokasikan adalah untuk pembiayaan hak siar Asian Games XVIII sebesar Rp405 miliar. Kemudian, untuk dukungan pergelaran Asian Para Games 2018 sebesar Rp 10,125 miliar.

        Kemudian untuk mendukung biaya dukungan kepanitiaan Asian Games Rp5 miliar. Selanjutnya, sebesar Rp79,875 miliar untuk dukungan pembinaan PRIMA dan penunjang Asian Games 2018.

        Sehingga dari total keperluan tersebut didapati sebesar Rp 500 miliar. Namun, DPR belum mengambil keputusan untuk hal tersebut, masih akan dibicarakan dengan Banggar dan segera diambil keputusan setelah ada perhitungan.

        Sementara itu, menanggapi usulan Kemenpora, salah satu anggota Komisi X dari Fraksi Demokrat Jefri Riwu Kore mengatakan bahwa usulan tersebut belum terlalu mendesak.

        "Alasan alokasi haruslah kuat, karena tidak bisa kami asal tanda tangan, sebab kondisi kita sedang tidak terdesak secara pendanaan," kata Jefri.

        Ia juga meminta sebaiknya penjelasan dari Kemenpora lebih diperjelas, bukan hanya detail dari alokasi dana, namun alasan serta keperluan.

(T.A072)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024