ITB akan gelar Indonesia Cyber Camp 2016

id ITB Cyber Camp

ITB akan gelar Indonesia Cyber Camp 2016

Institut Teknologi Bandung (ist)

Bandung (Antara) - Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat, akan menggelar Indonesia Cyberkids Camp (ICC) 2016 di Gedung Cyber Security Center (CSC) ITB Kampus Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Juli 2016.

"Kegiatan ini digelar tiga tahap, ICC akan menyeleksi dua anak terbaik Indonesia untuk menjadi delegasi Indonesia dalam ajang ASEAN Cyberkids Camp (ACC) pada 29 hingga 31 Juli 2016," kata Ketua Umum ICC 2016 sekaligus Direktur Eksekutif CSC ITB Yusep Rosmansyah di Bandung, Kamis.

Menurut dia melalui  tema yang telah ditentukan secara acak, para peserta akan membuat karya berupa animasi, game  dan aplikasi komputer secara mandiri menggunakan software Scrath 1.4  programming software for kids.

Secara filosofi, kata dia kegiatan ini dilandasi oleh pentingnya mempelajari dan menerapkan 21st Century Skills bagi anak-anak agar tercapai cyber wellness yang tinggi. Serta menghindarkan anak-anak agar tidak menjadi cyber victims.

Tujuan  21st Century Skills yang paling penting adalah kreativitas dan inovasi, critical thinking and problems solving, kemudian communication and collaboration menjadi tiga skills yang penting dan dikompetisikan dalam ASEAN Cyberkids Camp 2016.

Baik pemilihan musik, pengisi voice offer, maupun kata yang digunakan merupakan hasil karya orisinal pemikiran serta gagasan peserta.

"Saat ini kita telah menuju dan memasuki global citizenship. Integritas dan kejujuran sangatlah penting sebagai bekal menghadapinya. Hal ini yang kita pupuk kepada peserta dari sejak dini," kata Yusep.***4***(S033)