Kontingen Porwanas PWI DIY hadapi kendala pendanaan

id porwanas

Kontingen Porwanas PWI DIY hadapi kendala pendanaan

Koordinator atlet Porwanas dari PWI Yogyakarta sedang memberi pengarahan kepada atlet usai pengukuhan di GOR Amongrogo Yogyakarta. (Fot Antara/Heri Sidik)

Sleman, (Antara Jogja) - Kontingen Persatuan Wartawan Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta menghadapi kendala pendanaan dalam keikutsertaannya pada Pekan Olahraga Wartawan Nasional di Bandung, Jawa Barat, 23-25 Juli 2016.

"Beberapa masalah yang dihadapi PWI Yogyakarta dalam Porwanas 2016 yaitu pendanaan dari beberapa KONI kabupaten/kota yang sampai saat ini belum cair, padahal kebutuhan dana tersebut sangat mendesak, terutama untuk pesan tiket atlet dan ofisial," kata Ketua PWI DIY Sihono saat audiensi dengan Bupati Sleman Sri Purnomo, Rabu.

Menurut dia, sebenarnya untuk mengikuti event tersebut PWI Yogyakarta/Siwo telah mempersiapkan para atletnya untuk mengikuti 10 cabang olahraga yang dipertandingkan termasuk mengundang pelatih pada masing-masing cabang olahraga.

"Hanya saja untuk dua cabang olahraga bulu tangkis dan tenis lapangan sampai saat ini belum ada mengingat keterbatasaan semuanya," katanya.

Ia mengatakan, jumlah atlet dan ofisial dari PWI Yogyakarta berkekuatan 80 orang dan dari Sleman sendiri sebanyak 25 atlet/offisial.

Ketua Siwo PWI DIY Janu Riyanto mengatakan kemungkinan untuk mendapatkan medali emas pada Porwanas 2016 cukup besar dengan persiapan yang cukup, di samping atlet yang lolos dalam kontingen Porwanas PWI Yogyakarta dari seleksi Porwada yang sudah berlangsung.

Bupati Sleman Sri Purnomo menyampaikan bahwa untuk mengikuti Porwanas yang berlangsung dalam waktu dekat perlu persiapan yang matang, termasuk persiapan atlet dan paerlengkapan yang lain.

Dengan persiapan yang matang diharapkan akan membawa hasil yang maksimal, mengingat saampai saat ini kontingen PWI Yogyakarta belum pernah mendapatkan medali emas.

"Insya Allah Porwanas 2016 kontingen PWI Yogyakarta akan bisa pecah telur dengan membawa pulang medali emas. Biasanya wartawan membuat berita maka dalam Porwanas di Bandung nanti wartawan yang tergabung dalam PWI Yogyakarta menjadi berita karena mampu membawa pulang medali emas. Dengan semangat tinggi, meskipun dengan keterbatasan dana biasanya akan berprestasi, tentu dengan semangat daan perjuangan yang tinggi," katanya.

Ketua KONI Sleman Pramono menambahkan bahwa bantuan dana sebesar Rp30 juta dari KONI Sleman siap dicairkan sewaktu-waktu.

"Bantuan tersebut diharapkan mampu memotivasi atlet dan offisial PWI Yogyakarta berlaga dalam Porwanas di Bandung nanti," katanya.

Menyinggung pelatih bulu tangkis dan tenis lapangan, ia mengatakan KONI Sleman siap untuk membantu memfasilitasi. "Hanya saja PWI yang harus aktif berkomunikasi dengan KONI Sleman. Intinya KONI Sleman siaap untuk membantu persiapan," katanya.***4***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024