GL Zoo intensifkan pengecekan kesehatan satwa

id GL Zoo

GL Zoo intensifkan pengecekan kesehatan satwa

koleksi burung pelikan GL Zoo (istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Manajemen Gembira Loka Zoo mulai mengintensifkan pengecekan kesehatan seluruh koleksi satwa dalam rangka menyambut wisatwan pada libur Lebaran 2016.

"Cek kesehatan satwa disertai pemberian vitamin dan vaksin oleh dokter hewan akan kami tingkatkan dari hari biasa," kata Manajer HRD Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta, Josep Kurniawan di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut Josep cek kesehatan satwa oleh tiga dokter hewan yang disertai dengan pemberian vitamin dan vaksin sengaja ditingkatkan juga untuk menjaga ketahan satwa seiring dengan perubahan cuaca yang tidak menentu.

Kendati demikian menurut Josep hingga saat ini belum ditemukan satwa yang sakit.

"Kondisi cuaca yang sehari panas dan sehari hujan membuat ketahanan tubuh satwa terganggu. Sehingga pengecekan kesehatan yang biasanya sehari sekali, ditingkatkan menjadi tiga kali sehari," kata Josep.

Menurut dia, selain menjaga kondisi kesehatan satwa, kegiatan perawatan juga difokuskan untuk pembenahan serta pembersihan kandang untuk persiapan menyambut Lebaran.

"Saat Lebaran nanti kami juga akan mendatangkan kesenian tradisional seperti jathilan yang akan dipersembahkan masyarakat Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta," kata dia.

Manajer Marketing dan Pengembangan GL Zoo Agnes Armi mengatakan sejak hari pertama bulan puasa kunjungan berkisar 100 hingga 200 orang per hari. Berbeda dari hari sebelum puasa yang masih mencapai 680 orang per hari.

"Kalau dibilang menurun, memang menurun drastis," kata dia.

Kendati demikian ia menargetkan lonjakan pengunjung kembali terjadi sepekan sebelum Lebaran bersamaan dengan momen arus mudik.

"Begitu sepekan menjelang Lebaran, pengunjung biasanya langsung melonjak mencapai 10.000 orang per hari," kata dia.

Humas GL Zoo Khrisyanto Agung Wibowo mengatakan bahwa sejak 1 Mei hingga 5 Juli 2016 tarif masuk masih diberlakukan Rp30 ribu per orang.

Sedangkan mulai 6 sampai dengan 17 Juli 2016, kata dia, akan berlaku tiket khusus Lebaran sebesar Rp40 ribu per orang.

(T.L007)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024