Presiden nantikan Indonesia Raya berkumandang di Brazil

id kontingen olympiade indonesia

Presiden nantikan Indonesia Raya berkumandang di Brazil

Presiden RI Joko Widodo, dok (Foto ANTARA)

Jakarta (Antara) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menantikan lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di Brazil dalam ajang Olimpiade Rio de Janeiro Tahun 2016.

"Dari Tanah Air saya menanti lagu Indonesia Raya berkumandang di Rio de Janeiro. Selamat berjuang," kata Presiden Jokowi ketika memberikan pengarahan dan melepas kontingen Olimpiade Indonesia 2016 di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Rabu.

Presiden mengatakan kepada para atlet yang akan berlaga di ajang olahraga paling bergengsi sedunia itu agar menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar.

Ia juga ingin para atlet menunjukkan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang sanggup bersaing, bangsa yang bermental pemenang.

"Tunjukkan bahwa bangsa Indonesia bisa selalu menjaga fairplay, disiplin, dan tidak jumawa sebab saya percaya semua orang Indonesia mempunyai nilai-nilai keutamaan tersebut hanya saja masih banyak yang terpendam," katanya.

Mantan Gubernur DKI itu juga berharap perjuangan para atlet itu nantinya bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat di seluruh Tanah Air untuk terus berprestasi mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

"Terakhir saya ucapkan selamat berjuang saya harapkan mengharumkan nama Indonesia," katanya.

Presiden juga mengharapkan agar para atlet Indonesia yang akan berlaga di olimpiade 2016 ini mampu mengembangkan dan menjaga tradisi meraih medali olimpiade bagi Indonesia.

Sampai dengan saat ini, diketahui Indonesia sudah mendapatkan 27 medali dalam sejarahnya di perhelatan olimpiade.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nachrowi, dalam laporannya menyampaikan bahwa Indonesia akan mengikuti sedikitnya enam cabang olahraga, yaitu bulutangkis, atletik, dayung, sepeda, panahan, dan angkat besi.

Kontingen Indonesia itu dipimpin oleh Raja Sapta Oktohari, Ketua Umum Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI).***4***(H016)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024