DIY bidik kunjungan wisata minat khusus

id DIY bidik kunjungan wisata minat khusus

DIY bidik kunjungan wisata minat khusus

Fliying fox, salah satu wahana di objek wisata (Foto antaranews.com) (antaranews.com)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta akan memanfaatkan momentum libur Lebaran sebagai sarana mengoptimalkan promosi wisata minat khusus di daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta Aris Riyanta di Yogyakarta, Rabu, mengatakan akan meningkatkan promosi wisata minat khusus melalui Posko Lebaran sebagai wahana informasi wisata selama libur Lebaran.

"Melalui posko itu kami akan menekankan pada wisatawan agar juga berminat mengunjungi wisata minat khusus, selain destinasi wisata populer yang sudah banyak dikunjungi," kata Aris.

DIY, menurut dia, kaya akan wisata minat khusus yang dapat menjadi destinasi wisata alternatif bagi wisatawan yang sudah sering berkunjung ke kota gudeg itu.

"Wisatawan yang sudah sering datang ke Yogyakarta, biasanya menginginkan tujuan wisata baru," kata dia.

Menurut dia, wisata minat khusus yang layak dikunjungi wisatawan luar daerah selama libur Lebaran di antaranya wisata embung Nglanggeran, Gunung Kidul, arung jeram Kali Suci, serta Puncak Suroloyo, Kulon Progo.

"Dengan demikian yang dikunjungi bukan hanya wisata Keraton, Malioboro, serta Candi Prambanan saja," kata dia.

Menurut Aris empat Posko Lebaran 2016 itu akan dibuka di empat lokasi strategis yakni Bandara Adisutjipto, Stasiun Tugu, Malioboro, dan Kantor Dinas Pariwisata DIY.

Empat posko itu, kata dia, akan buka selama libur Lebaran 3-5 Juli dan 7-10 Juli 2016 mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

Personel petugas Posko Lebaran, menurut Aris, akan berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta dan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, serta pramuka.

Selain melalui Posko Lebaran, menurut Aris, Dispar DIY juga menyediakan laman Visitingjogja.com yang memuat informasi berbagai jenis destinasi wisata di lima kabupaten/kota di DIY.


(T.L007)