Menkeu: sentimen global soal "brexit" sudah menurun

id menkeu

Menkeu: sentimen global soal "brexit" sudah menurun

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro. (ANTARA FOTO)

Jakarta (Antara Jogja) - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyatakan sentimen global terkait isu referendum Inggris yang akan keluar dari keanggotaan Uni Eropa atau "Brexit" sudah menurun.

         "(Brexit) sentimen globalnya sudah menurun, kekhawatirannya menurun. Untuk Indonesia juga saya lihatnya sudah mereda. Oleh karena itu, sebetulnya hanya gejolak keuangan saja, temporer lah kalau 'Brexit' terjadi," katanya di sela-sela acara buka bersama media di kantor Kemenkeu, Jakarta, Rabu.

         Menkeu menilai isu "Brexit" lebih kepada masalah psikologis dari Inggris saja.

         "Lebih kepada masalah psikologis. Eropa tanpa Inggris itu aneh, tidak mencerminkan euro yang sebenarnya. Meski Inggris juga tidak menggunakan euro karena mereka pakainya poundsterling," ucap Bambang.

         Sebelumnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) juga menilai bahwa sentimen referendum Inggris keluar dari Uni Eropa (Brexit) yang diproyeksikan dapat membuat gejolak pasar modal domestik hanya bersifat sementara.

         "Beberapa kalangan analis memproyeksikan dapat membuat gejolak, namun itu sifatnya hanya sementara. Setelah itu, di pasar akan terjadi adjustment hingga harga saham kembali ke nilai yang dianggap wajar," ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Samsul Hidayat.

         Menurut dia, pelaku pasar di dalam negeri akan kembali melihat kondisi ekonomi nasional. Sejauh ini data ekonomi domestik masih cukup positif, seperti stabilitas rupiah yang masih terjaga, inflasi 2016 yang terkendali di kisaran 4 plus minus 1 persen.

         Selain itu, neraca perdagangan Indonesia yang masih mencatat surplus, cadangan devisa yang masih baik dalam mendukung terjaganya stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan, serta masih mengalirnya modal asing ke pasar keuangan Indonesia.

(T.B020)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024