BPBD Gunung Kidul bersihkan SMK Negeri Tanjungsari

id bpbd

BPBD  Gunung Kidul bersihkan SMK Negeri Tanjungsari

Ilustrasi--BPBD (antaranews)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan pembersihan SMK Negeri 1 Tanjungsari bekerja sama dengan TNI, Polri, TRC BPBD, SAR dan berbagai relawan serta pihak sekolah.

Kepala Pelaksana BPBD Gunung Kidul Budhi Harjo di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan kerja bakti pembersihan sisa-sisa musibah banjir ini mendapat dukungan penuh ratusan personel dari TNI dan Polri, TRC BPBD, SAR dan berbagai relawan serta pihak sekolah.

Diakuinya, kerja bakti dilaksanakan sejak Senin (20/6), namun hingga saat ini baru terselesaikan sekitar 60 persennya.

"Hal ini dikarenakan luasnya jangkauan yang harus ditangani, maka tidak mungkin ditangani secara manual, sehingga water canon juga dilibatkan untuk mempercepat pembersihan lumpur," kata Budhi.

Ia mengatakan dengan menggandeng berbagai pihak, personel gabungan membersihkan ruangan yang masih banyak lumpur akibat banjir.

"Melalui kerja sama tim gabungan, harapannya pembersihan sekolah yang masih kotor bisa berjalan lebih cepat," kata dia.

Budhi mengatakan pembersihan ini sekolah yang sering menjadi langganan banjir genangan ini, bersih dan bisa melakukan aktivitas sebagaimana biasanya. "Semoga cepat bersih dan bisa beraktivitas seperti biasa," katanya.

Terpisah, Kepala SMK Negeri 1 Tanjungsari Sudiyarto mengaku aktivitas sekolah sudah mulai dilaksanakan. "Hanya saja semua kegiatan administrasi sekolah termasuk penerimaan siswa baru kami laksanakan di SMP Negeri 1 Tanjungsari yang kebetulan jaraknya hanya sekitar 100 meter," katanya.

Ia mengatakan jadwal pembagikan rapor tetap akan dilaksanakan sesuai rencana pada Sabtu (25/6). "Semuanya sudah mulai dipersiapkan sekarang. Nilai rapor siswa selamat karena arsipnya dibawa pulang guru," pungkasnya.
KR-STR