Kuota PPDB SMA Negeri Bantul terpenuhi

id ppdb

Kuota PPDB SMA Negeri Bantul terpenuhi

Sosialisasi PPDB, dok (Foto ANTARA)

Bantul, (Antara Jogja) - Kuota penerimaan peserta didik baru secara real time online jenjang sekolah menengah atas negeri tahun ajaran 2016/2017 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga hari terakhir pendaftaran pada Jumat (24/6) terpenuhi.

"Berdasarkan pantauan di Posko PPDB, dari kuota siswa baru di sebanyak 19 SMA Negeri yang berjumlah 3.229 siswa seluruhnya terisi seratus persen," kata Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan Nonformal (Dikmenof) Bantul, Masharun Ghozalie di Bantul, Jumat.

Menurut dia, bahkan jumlah pendaftar melebihi dari daya tampung siswa yaitu sebanyak 4.108 siswa, sehingga 879 siswa di antaranya terlempar dari sistem RTO, dan dimungkinkan mendaftar di SMA swasta maupun SMK baik dalam atau luar Bantul.

Ia mengatakan dalam PPDB sistem RTO tingkat SMA negeri tahun ini dibagi menjadi dua kelompok atau rayonisasi, yaitu kelompok pertama terdapat sembilan SMA Negeri, sedangkan kelompok dua terdiri atas 10 SMA Negeri.

"Pembagian jadi dua kelompok ini bertujuan untuk pemerataan, karena jangan sampai pendaftar hanya `mengepul` di kelompok ini. Sebab sekolah yang ada di kelompok satu dan dua tingkat kualitasnya tidak jauh beda dan sudah dipilah sedemikian rupa," katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan (Dikmenjur) Dikmenof Bantul, Sukardjo mengatakan, untuk PPDB SMK sekitar 15 persen dari daya tampung siswa sebanyak 7.100 siswa yang tersebar di 49 sekolah, 13 sekolah di antaranya SMK Negeri sampai hari terakhir belum terpenuhi.

"Dengan jumlah kursi SMK di Bantul yang besar maka kuota selalu tidak terpenuhi, sementara pendaftar SMK kebanyakan justru bukan dari Bantul namun diserbu dari luar Bantul," katanya.

Ia mengatakan untuk jurusan yang kurang diminati siswa di antaranya Kriya Kayu dan Pedalangan, sedangkan beberapa jurusan yang banyak diminati dan sudah lebih dahulu penuh seperti Teknologi, IT, Boga, Akuntansi dan Perhotelan.

"Bagi siswa yang diterima diumumkan pada 25 Juni. Setelah pengumuman siswa bisa melakukan daftar ulang pada tanggal 25-28 Juni di sekolah masing-masing," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Dikmenof Bantul, Istadi.***4***

(KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024