Wisata museum tetap ramai pengunjung

id museum

Wisata museum tetap ramai pengunjung

Ilustrasi (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto).

Sleman (Antara Jogja) - Jumlah kunjungan ke Monumen Jogja Kembali di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak mengalami penurunan drastis selama Ramadhan 1437 Hijriah.

"Selama Bulan Puasa ini wisatawan atau rombongan masih banyak yang datang, terutama dari luar daerah," kata Kepala Bagian Umum Museum Monumen Jogja Kembali (Monjali) Yudi Pranowo di Sleman, Sabtu.

Dia mengatakan selama Ramadhan ini pengunjung dari luar daerah memang lebih banyak.

"Memang jumlah kunjungan tidak seperti hari biasa, tetapi tetap ada. Lebih banyak rombongan luar daerah, seperti dari Bali, Banyuwangi, Jakarta, Bandung, Semarang, dan beberapa daerah lainnya," katanya.

Ia mengatakan rombongan dari luar tersebut biasanya dari sekolah-sekolah yayasan nonmuslim, selain itu juga masih banyak rombongan anak-anak muda.

"Justru tidak mengira, masih ada rombongan anak-anak muda," katanya.

Hal sama juga terjadi pada Museum Gunungapi Merapi (MGM) di Dusun Banteng, Pakem, Kabupaten Sleman yang tetap ramai dikunjungi wisatawan.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) MGM Suharno, jumlah pengunjung masih tetap ramai terutama dari kalangan pelajar meskipun tidak seramai pada hari biasa.

"Kondisi ini baru akan kembali meningkat pada H+2 lebaran sampai H+4 kunjungan akan mencapai puncaknya. Diperkirakan, setiap hari sedikitnya seribu orang pun pasti tercapai," katanya.

Ia optimistis 1.000 pengunjung setiap hari selama libur Lebaran bisa tercapai.

"Lebaran kali ini liburnya cukup panjang. Kami prediksi, setiap hari tidak kurang dari seribu orang pengunjung. Terutama mereka rombongan dari keluarga," katanya.

V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024