Sosialisasi penataan Stasiun Tugu dilanjutkan usai lebaran

id stasiun

Sosialisasi penataan Stasiun Tugu dilanjutkan usai lebaran

Stasiun Tugu Yogyakarta (Foto Antara/Rizky)

Yogyakarta (Antara Jogja) - PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta akan melanjutkan sosialisasi tentang penataan sisi selatan Stasiun Tugu usai lebaran karena pada saat ini masih disibukkan dengan pelaksanaan Angkutan Lebaran 2016.

"Sosialisasi akan diteruskan usai lebaran saat kami sudah tidak lagi disibukkan dengan pelaksanaan masa Angkutan Lebaran 2016. Kami akan meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Kota Yogyakarta agar proses penataan lebih lancar," kata Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Hendy Helmi di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, tahap awal penataan sisi selatan Stasiun Tugu yang akan dilakukan oleh PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta adalah memperbesar kapasitas lahan parkir agar mampu menampung lebih banyak kendaraan.

Saat ini, lahan parkir di Stasiun Tugu berada di bekas Bong Suwung dan akan diperbesar di sisi selatannya. Lokasi parkir Stasiun Tugu memiliki kapasitas untuk menampung sekitar 300 mobil, 1.000 sepeda motor dan bisa menampung 20 armada bus.

"Dengan penambahan lahan parkir, daya tampung bisa ditingkatkan hingga dua kali lipat," katanya.

Pengembangan lahan parkir tersebut dilakukan untuk mengakomodasi pemindahan parkir di Malioboro karena kawasan Malioboro akan ditata menjadi kawasan semi pedestrian.

"Jika lahan parkir tersebut sudah terbangun, dan banyak pengunjung Malioboro yang memanfaatkannya, maka dibutuhkan tambahan fasilitas berupa trotoar yang layak untuk menuju ke Malioboro," katanya.

Penambahan fasilitas untuk pedestrian, lanjut Hendy, memerlukan penataan terhadap kios yang berada di sepanjang Jalan Pasar Kembang agar lebih rapi sehingga pejalan kaki aman dan nyaman.

Rencana penataan tersebut membuat pedagang yang berada di Jalan Pasar Kembang resah karena ada pedagang yang memiliki kartu bukti pedagang Pasar Kembang yang dikeluarkan Dinas Pengelolaan Pasar Kota Yogyakarta.

Sebelumnya, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menegaskan bahwa pemerintah daerah menolak penggusuran. "Semangat yang diusung adalah penataan. Ini yang perlu menjadi komitmen bersama termasuk untuk menata pedagang di sisi selatan Stasiun Tugu," katanya. 
(E013)

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024