Pemilik nilai tinggi diminta segera daftar SMP

id smp

Pemilik nilai tinggi diminta segera daftar SMP

Ilustrasi pendaftaran penerimaan siswa baru (Foto antaranews.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti meminta lulusan sekolah dasar yang memiliki nilai nasional tinggi segera mendaftar ke SMP sehingga tidak ada "bom-boman" nilai di akhir masa pendaftaran.

"Segera daftar di awal masa pendaftaran saja. Jangan menunda-nunda hingga akhir masa pendaftaran agar kuota segera terisi dan tidak ada `bom-boman` nilai yang menyebabkan calon siswa dengan nilai kurang tersingkir," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di sela pendaftaran siswa baru di SMP Negeri 5 Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, kecenderungan yang kerap terjadi pada masa penerimaan siswa baru baik jenjang SMP atau SMA/SMK adalah siswa dengan nilai tinggi memilih mendaftar menjelang akhir masa pendaftaran sehingga menyebabkan siswa dengan nilai yang tidak terlalu tinggi terlempar dari sekolah yang diinginkan.

"Sebaiknya tidak seperti itu. Segera mendaftar saja sehingga seluruh calon siswa bisa mengetahui kondisi persaingan dan bisa menentukan langkah yang harus dilakukan," katanya.

Selain melakukan pemantauan secara langsung proses penerimaan siswa baru di SMP Negeri 5 Yogyakarta, Haryadi juga menyempatkan diri mendaftarkan putri keduanya, Kartika Zahra, masuk ke salah satu SMP negeri favorit di Kota Yogyakarta tersebut. Lulusan SD Muhammadiyah Sapen tersebut memiliki nilai 293,5.

Ia mengaku, bukan kali pertama mendaftarkan anaknya masuk ke SMP Negeri 5 Yogyakarta karena putri pertamanya yang kini sudah menjadi seorang dokter juga merupakan alumni SMP tersebut.

"Sebagai institusi pendidikan yang memiliki tingkat kompetensi tinggi, dibutuhkan sentuhan `soft skill` selain materi pelajaran yang memang harus diberikan agar anak juga memiliki keterampilan lain," katanya.

Haryadi pun memastikan bahwa satu-satunya cara yang bisa ditempuh untuk mendaftar SMP negeri di Kota Yogyakarta adalah melalui pendaftaran "real time online".

"Tidak ada jalan lain. Hanya melalui pendaftaran RTO. Jangan percaya jika ada oknum yang mengatakan bisa membantu memasukkan calon siswa ke salah satu sekolah," katanya.

Sementara itu, Ketua Penerimaan Peserta Didik Baru Kota Yogyakarta Samiyo mengatakan, nilai lulusan SD pada tahun ini cukup tinggi sehingga persaingan untuk masuk ke sekolah negeri sangat ketat.

"Siswa dengan nilai 280 ke atas termasuk kategori nilai tinggi dan jumlahnya cukup banyak," katanya. Pendaftaran siswa baru SMP dilayani selama tiga hari, mulai Senin (27/6) hingga Rabu (29/6).

(E013)

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024