Polres Sleman lakukan rekayasa lalu lintas bandara

id lalu lintas

Polres Sleman lakukan rekayasa lalu lintas bandara

ilustrasi (Foto ANTARA/Noveradika)

Sleman (Antara Jogja) - Kepolisian Resor Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan rekayasa arus lalu lintas di sejumlah titik yang dinilai rawan macet dan rawan kecelakaan pada arus mudik Lebaran 2016.

"Salah satu titik yang kami prediksikan akan macet adalah di simpang tiga Jalan Yogyakarta-Solo Kilometer 10 hingga 13, terutama di simpang tiga menuju Bandara Adisutjipto Yogyakarta," kata

Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Lalu Lintas Polres Sleman Ipda Arfita Dewi di Sleman, Selasa.

Menurut dia, rekayasa lalu lintas akan mulai diberlakukan pada Kamis, 30 Juni.

"Nantinya untuk simpang tiga Bandara Adisutjipto, arus kendaraan dari arah barat yang akan memasuki bandara, tidak bisa lagi lansung belok kanan melewati jalan utama menuju bandara," katanya.

Ia mengatakan arus lalu lintas dari arah barat atau dari Yogyakarta dialihkan memutar melalui "U-turn" di depan Gapura Akademi Angkatan Udara (AAU), kemudian masuk bandara melalui arah Solo.

"Pengalihan arus lalu lintas ini akan diberlakukan sampai H+7 Lebaran, namun hal ini juga akan dilihat kondisi di lapangan nantinya," katanya.

Arfita mengatakan, untuk memperlancar pengalihan arus lalu lintas tersebut, juga akan ditempatkan sejumlah personel polisi lalu lintas di "U-Turn" Gerbang AAU.

"Pada Lebaran tahun ini kami juga mendirikan pos pengamanan di simpang tiga Bandara, ini untuk memudahkan penanganan jika terjadi kemacetan di kawasan bandara," katanya.

Ia mengatakan, untuk arus kendaraan dari arah barat yang akan menuju ke timur atau arah Prambanann Klaten dan Solo, dapat langsung melaju tanpa ada halangan "tariffic light", dan lampu akan dibuat "flash" atau tanpa lampu merah.

"Dari survei yang kami lakukan, kendaraan menuju Solo lebih banyak daripada yang menuju bandara, sehingga agar lebih lancar maka lampu merah tidak diaktifkan sementara," katanya.

Rekayasa arus lalu lintas yang direncanakan ini, kata dia, menjadi piliuhan terbaik untuk menangani kemacetan di sekitaran Bandara Adisutjipto. Belajar dari tahun sebelumnya, kemacetan cukup parah sehingga menghambat waktu para pengguna jasa bandara.

"Kami berharap masyarakat yang akan menggunakan jasa penerbangan harus benar-benar memanfaatkan waktu yang ada. Mereka harus sudah paham waktu tempuh perjalan di tengah arus lalu lintas yang padat jelang mudik, dan upayakan bisa menuju bandara seawal mungkin," katanya.

V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024