Sleman targetkan 315 ribu wisatawan selama lebaran

id kaliurang

Sleman targetkan 315 ribu wisatawan selama lebaran

Vulcano Tour ke objek wisata bekas kawasan bencana Gunung Merapi di wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, banyak dikunjungi wisatawan. (Foto jogja.antaranews.com)

Sleman, (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan sebanyak 315 ribu wisatawan berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Sleman selama libur lebaran 2016.

"Target tersebut akan dicatat selama sembilan hari mulai tanggal 2 hingga 10 Juli 2016," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Selasa.

Menurut dia, angka tersebut diprediksikan berdasarkan trend kunjungan pada libur lebaran selama tiga tahun terakhir.

"Diharapkan target tersebut dapat tercapai pada tahun ini," katanya.

Dia mengatakan, pada 2013 wisatawan yang berkunjung saat libur lebaran tercatat sebanyak 145.718 wisatawan dalam kurun waktu selama sembilan hari, pada 2014 sebanyak 239.971 wisatawan dalam kurun waktu sembilan hari.

"Sedangkan pada 2015 sebanyak 201.484 wisatawan dalam kurun waktu enam hari. Libur lebaran 2016 ini ditargetkan sebanyak 315 ribu wisatawan dalam kurun waktu sembilan hari," katanya.

Ayu mengatakan, pencatatan jumlah wisatawan tersebut dilakukan di beberapa destinasi wisata Sleman yang meliputi objek wisata alam, candi, museum, volcano tour dan desa wisata.

"Sehubungan dengan target 315 ribu wisatawan yang ditetapkan pada libur lebaran tahun ini diharapkan kesiapan destinasi, akomodasi hotel dan desa wisata akan dapat mendukung pencapaian target tersebut," katanya.

Ia mengatakan, destinasi wisata Sleman yang diunggulkan selama musim liburan diantaranya kawasan wisata Kaliurang yang meliputi Tlogo Putri, Taman Rekreasi Anak, Gardu Pandang Kaliurang, Museum Ullen Sentalu.

"Kemudian Museum Gunungapi Merapi (MGM), Museum Monjali, Museum Dirgantara Mandala, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, serta desa-desa wisata," katanya.

Bahkan keberadaan destinasi baru yaitu Agrowisata Bhumi Merapi, Sindu Kusuma Edupark dan Jogja Bay Water Park dipastikan akan mendukung pencapaian target tersebut.

"Berbagai kesiapan untuk menyambut wisatawan telah dilakukan. Diantaranya adalah Agrowisata Bhumi Merapi yang menawarkan taman satwa diantaranya kambing, kelinci, ular, reptil, kura-kura dan taman herbal. Selain itu juga menawarkan wisata alam susur Goa Panggolo serta susur Kali Kuning," katanya.

Sedangkan, Sindu Kusuma Edupark (SKE) menawarkan aneka permainan anak dan keluarga, Jogja Bay Water Park menawarkan aneka wahana permainan air.

"Destinasi baru Taman Tebing Breksi juga menawarkan pesona alam yang menakjubkan yang berupa tebing alam dengan view lingkungan yang alami," katanya.

Sementara Desa Wisata Grogol menawarkan river tubing, belajar membatik, belajar gamelan, menumbuk padi dan wisata edukasi reptil. Kemudian Desa Wisata Gamplong dengan wisata belanja produk-produk tenun ATBM dan barang kerajinan tas rajut dan aneka souvenir, Desa Wisata Tanjung menawarkan paket menginap dan pengalungan sapi dengan ketupat Lebaran.

Selain itu di Candi Prambanan dan Ratu Boko juga diagendakan pertunjukan aneka kesenian tradisional selama libur lebaran.***1***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024