Pemkab Kulon Progo bagikan 3.571 paket sembako

id sembako

Pemkab Kulon Progo bagikan 3.571 paket sembako

ilustrasi pemberian paket sembako (Foto Antara)

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar Pasar Rakyat menjelang Lebaran 2016 dengan membagikan 3.571 paket sembilan kebutuhan pokok kepada masyarakat miskin atau kaum dhuafa di wilayah ini.

"Penyerahan paket sembilan kebutuhan pokok (sembako) kepada masyarakat miskin atau kaum dhuafa sebanyak 3.571 paket. Dimana paket-paket tersebut diantaranya adalah produk-produk lokal Kulon Progo," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kulon Progo Sri Harmintarti di Kulon Progo, Selasa.

Ia mengatakan bantuan paket tersebut kerja sama dengan berbagai pihak. Adapun bantuan berasal dari Dinas Koperasi & UMKM kerja sama dengan PT. Indomarco Prismatama (Indomart) sebanyak 316 paket sembako gratis disalurkan kepada masyarakat di Desa Hargowilis (sesuai dengan data dalam album kemiskinan).

Selain itu Dinas Kesehatan sebanyak 100 paket sembako gratis disalurkan kepada masyarakat Desa Pengasih dan 516 paket yang akan disalurkan kepada warga sekitar Puskesmas di 12 Kecamatan se Kabupaten Kulon Progo, dan PDAM sebanyak 20 paket sembako disalurkan kepada masyarakat Desa Pengasih.

Selanjutnya, Bank BPD DIY Cabang Wates sebanyak 1.500 paket sembako disalurkan kepada masyarakat di sekitar Kantor Layanan di wilayah Kabupaten Kulon Progo, Bank BRI Cabang Wates sebanyak 250 paket sembako disalurkan kepada masyarakat sekitar kantor BRI Wates dan sekitar Kantor BRI Unit Adhyaksa.

Kemudian, PD Bank Pasar Kulon Progo sebanyak 600 paket sembako disalurkan kepada masyarakat Desa Jangkaran, Sindutan, Palihan dan Kebonrejo. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kab. Kulon Progo sebanyak 10 paket sembako disalurkan kepada masyarakat Desa Pengasih.

Selanjutnya, Ikatan Notaris Indonesia (INI) Kulon Progo sebanyak 60 paket sembako disalurkan kepada masyarakat Desa Pengasih, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kulon Progo sebanyak 15 paket sembako disalurkan kepada masyarakat Desa Pengasih, UD Muncul Karya Kulon Progo sebanyak 10 paket sembako disalurkan kepada masyarakat Desa Pengasih dan penyerahan 84 liter minyak goreng dari PT.Indomarco Prismatama kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Almanar, Ponpes Pesawat, Panti Asuhan Margosari, Panti Asuhan Santa Maria kalibawang.

"Semua bantuan kami serahkan kepada warga miskin yang ada di album kemiskinan," katanya.

Selain paket sembako, dalam kegiatan ini dijual baju layak pakai yang disediakan oleh Dharma wanita Kabupaten Kulon Progo langsung habis dibeli oleh masyarakat.

"Masyarakat banyak yang membeli karena barangnya sangat bagus dan masih layak pakai," katanya.

Wakil Bupati Kulon Progo Sutedjo mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah mau berbagi.

"Kegiatan ini kami berharap akan memberi manfaat yang lebih luas kepada Masyarakat Kulon progo," kata Sutedjo.

Apresiasi dan terima kasih juga disampaikan atas kepedulian semua pihak terhadap Masyarakat, karena sebagian masyarakat memang masih membutuhkan bantuan papan, sandang maupun pangan.

Untuk itu, ia mengimbau kepada semua masyarakat agar hidup sederhana, dan mau membantu masyarakat yang masih membutuhkan, sehingga lambat laun warga miskin bisa berkurang dan menjadi masyarakat yang sejahtera.

"Kami berharap dengan pasar rakyat jelang lebaran ini, masyarakat bisa menghemat pengeluaran keluarga. Saat ini juga bersamaan dengan masuk anak sekolah sehingga membutuhkan biaya lebih," kata dia. ***3***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024