Yogyakarta siapkan rambu jalan alternatif antisipasi kemacetan

id rambu-rambu

Yogyakarta siapkan rambu jalan alternatif antisipasi kemacetan

Pasang Rambu Lalu Lintas Petugas Kepolisian memasang rambu larangan parkir di daerah Ngupasan, Yogyakarta, Selasa (3/6). Pemasagan rambu lalu lintas tersebut untuk mengatur arus lalu lintas di kawasan itu agar tidak semrawut. ANTARA FOTO/Noveradika/1

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menyiapkan sejumlah rambu-rambu petunjuk jalan alternatif guna mengurangi kepadatan volume kendaraan di dalam kota saat libur lebaran.

"Kepadatan kendaraan tidak bisa dihindari saat libur lebaran. Salah satu upaya yang akan kami lakukan adalah memasang rambu-rambu petunjuk jalan alternatif yang bisa mengarahkan pengguna jalan menghindari kemacetan," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, rambu-rambu petunjuk jalan alternatif tersebut akan memberikan arahan kepada pemudik dari luar kota yang hanya bertujuan melintas di Kota Yogyakarta untuk menuju kota lain agar tidak terjebak kepadatan lalu lintas di dalam kota.

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan memasang rambu-rambu petunjuk jalan alternatif tersebut di setidaknya delapan titik sebelum masuk ke Kota Yogyakarta, di antaranya di Wirobrajan, Tegalrejo, Gedongkuning, Kotagede, dan Gedongkiwo.

"Setidaknya, pada `H-7` seluruh rambu-rambu petunjuk jalan alternatif tersebut sudah terpasang," ucapnya.

Selain memasang rambu petunjuk jalan alternatif, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta juga melakukan manajemen lalu lintas dengan mengatur durasi lampu lalu lintas di sejumlah simpang terutama di daerah perbatasan.

"Durasi lampu hijau di simpang yang mengarah ke luar kota akan diperpanjang, sedangkan durasi lampu merah untuk simpang yang masuk ke Kota Yogyakarta akan diperpanjang," tuturnya.

Pengaturan lampu lalu lintas dapat dilakukan secara otomatis melalui ruang kontrol yang ada di Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, khususnya untuk lampu lalu lintas yang sudah dilengkapi dengan "area traffic control system" (ATCS).

Selain itu, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta juga akan memasang pembatas jalan portabel di sejumlah ruas jalan untuk meningkatkan kelancaran arus lalu lintas dan mengurangi jumlah kendaraan yang memotong jalan.

Pembatas jalan portabel di antaranya dipasang di Jalan Diponegoro, Jalan Senopati, Jalan Ahmad Jazuli, dan Jalan Cik Di Tiro.

"Mulai `H-3` lebaran, kendaraan dari luar kota diperkirakan sudah akan memadati Kota Yogyakarta," ujarnya.

(E013)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2024