Pembelian tiket arus balik Gunung Kidul sepi

id arus balik sepi

Pembelian tiket arus balik Gunung Kidul sepi

Ilustrasi (Foto ram-xp.blogspot.com) (ram-xp.blogspot.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pembelian tiket arus balik di Terminal Dagsinarga Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih belum menunjukkan peningkatan karena pemudik memilih menyewa mobil.

Salah seorang agen tiket bus di Terminal Dhaksinarga Wonosari Agung di Gunung Kidul, Selasa, mengaku saat ini tiket arus balik masih sepi pembeli, bila dibandingkan dengan tahun lalu tiket arus balik sudah mulai diburu.

"Ya seperti ini kondisinya, masih sepi. Hal ini dikarenakan libur sekolah dan libur lebaran barang dan waktunya panjang, sehingga pemudik belum beli tiket," kata Agung sembari menunjukan suasana kiosnya yang sepi dari pembeli.

Ia mengaku pasrah dengan kondisi yang ada saat ini. Ia hanya berharap tiket arus mudik bisa segera diburu. "Kondisinya masih baik tahun lalu, kemungkinan tahun ini turun drastis," kata dia.

Hal senada juga diungkapkan oleh agen tiket bus lainnya, Suhadi. Menurutnya, tiket arus balik kurang diminati karena banyak warga yang memanfaatkan jasa sewa mobil. "Sekarang lebih beralih ke kendaraan pribadi," kata dia.

Suhadi memprediksi tiket arus balik akan diburu pada 7-8 Juli, dimana masyarakat Gunung Kidul sudah mulai mempersiapkan diri untuk kembali merantau. "Sedangkan arus balik sendiri kami prediksi terjadi pada 9 -11 Juli," katanya.

Suhadi mengakui pada lebaran kali ini, pihaknya juga akan memberlakukan penyesuaian tarif, sehingga pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat agar mempersiapkan hal tersebut. "Kemungkinan tarif angkutan naik seperti tahun lalu," terangnya.

Untuk mengantisipasi adanya lonjakan jumlah penumpang, pihaknya menyediakan bus cadangan yang akan beroperasi jika bus reguler koutanya sudah tercukupi.

"Kami sudah berkoordinasi dengan penyedia saja transportasi, dan mereka menyatakan siap menambah bus cadangan bila diperlukan," katanya.


(KR-STR)