Lebaran - Polres Gunung Kidul cek kendaraan bermotor dinas

id Lebaran - Polres Gunung Kidul cek kendaraan bermotor dinas

Lebaran - Polres Gunung Kidul cek kendaraan bermotor dinas

Mapolres Gunung Kidul (Foto Istimewa) (istimewa)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Kepolisian Resor Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar apel pengecekan kendaraan bermotor dinas untuk mengantisipasi kemacetan dan keamanan pengguna jalan saat polisi akan melakukan patroli di kawasan jalur alternatif.

Kapolres Gunung Kidul AKBP Nugrah Trihadi di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan untuk kelancaran pengamanan arus mudik, pihaknya melakukan pemeriksaan kendaraan dinas di polres maupun polsek.

"Untuk kelancaran, kami periksa semua kesiapan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Dari pemeriksaan hari ini semua sudah siap untuk operasi kelancaran arus mudik," kata dia.

Ia mengatakan nantinya seluruh kendaraan akan disebar ke seluruh wilayah di Gunung Kidul. Kendaraan roda dua akan digunakan untuk berpatroli di kawasan jalur utama seperti Yogyakarta-Wonosari. Selanjutnya untuk roda empat dilakukan untuk jalur alternatif.

"Kami tidak gunakan roda empat di jalur utama karena akan sulit mengurai kepadatan lalu lintas," katanya.

Untuk pengamanan Lebaran 2016, lanjut dia, kepolisian akan menerjunkan 450 personel. Selain itu mendirikan satu pos pelayanan dan enam pos pengamanan.

Pos Pengamanan didirikan mulai dari jalur Gunung Kidul perbatasan dengan Kabupaten Bantul, pos pengamanan kawasan pantai dan pos pengamanan khusus yang ditempatkan di kawasan Pasar Kecamatan Semin yang berbatasan dengan Jawa Tengah.

Sementara itu, Wakapolres Gunung Kidul Kompol Vero Aria mengatakan pemeriksaan ini untuk mengetahui kesiapan kendaraan yang digunakan untuk melakukan patroli saat Lebaran 2016.

"Semua kendaraan sudah siap, personel siap, kita tinggal melaksanakan," katanya.



(U.KR-STR)