Lebaran 2016 - Pemudik dari Terminal Jombor turun 10 persen

id Lebaran 2016 - Pemudik dari Terminal Jombor turun 10 persen

Lebaran 2016 - Pemudik dari Terminal Jombor turun 10 persen

suasana Terminal Jombor Kabupaten Sleman,DIY (Foto ANTARA/Victorianus)

Sleman, (Antara Jogja) - Pemudik yang berangkat melalui Terminal Bus Jombor, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Lebaran 2016 diprediksi menurun sekitar 10 persen karena bersamaan dengan liburan mahasiswa.

"Lebaran saat ini bersamaan dengan masa liburan mahasiswa. Mereka sudah berangsur pulang duluan sejak seminggu lalu," kata Ketua Paguyuban Agen dan Perwakilan Bus Malam (Papbima) Terminal Jombor Sleman Sony Kurniawan, di Sleman, Rabu.

Menurut dia, musim libur mahasiswa cukup berpengaruh karena mayoritas orang luar daerah di Yogyakarta adalah mahasiswa yang sedang tugas belajar. Sementara, mereka dari kalangan pekerja hampir tidak ada.

"Di sini lebih banyak dari kalangan mahasiswa. Penurunan bisa mencapai sekitar sepuluh persen," katanya.

Ia mengatakan, untuk penyediaan armada bus, sudah disiapkan sebanyak 84 bus reguler serta 54 unit tambahan dari bus pariwisata.

"Diperkirakan puncaknya nanti pada H-4 hingga H-5 nanti baru terlihat arus mudiknya," katanya.

Sony mengatakan imbas dari menurunnya pemudik akan berkebalikan pada saat arus balik mendatang. Nantinya arus balik diperkirakan akan membludak, bersamaan selesai liburan.

"Pada 8 hingga 10 Juli kemungkinan mulai ada lonjakan. Saat itu lah semua armada digunakan. Termasuk juga bus cadangan," katanya.

Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY juga memprediksikan penurunan jumlah pemudik yang menggunakan angkutan bus.

"Penurunan memang terjadi, tapi lebih karena banyaknya perusahaan yang mengadakan mudik massal," kata Ketua Organda DIY Agus Adriyanto.

(U.V001)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024