Mentan nyatakan harga daging turun meski belum menyeluruh

id harga daging turun

Mentan nyatakan harga daging turun meski belum menyeluruh

Menteri Pertanian Amran Sulaiman (ANTARA FOTO/Irfan Anshori)

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan harga daging sudah turun di bawah Rp80.000 per kilogram meskipun belum terjadi di seluruh daerah. 

"Yang terpenting sekarang program Pak Presiden harga di bawah Rp80.000 per kilogram jadi kenyataan, meski belum seluruhnya," kata Mentan usai acara penyerahan zakat di Istana Negara Jakarta, Kamis.

Mentan menyebutkan meskipun di sejumlah daerah ada yang harganya mencapai Rp120.000 per Kg namun sudah ada yang harganya Rp76.000, Rp75.000, Rp85.000, Rp100.000 per Kg.

Ia menyebutkan dirinya baru saja melakukan peninjauan di sejumlah pasar untuk mengecek harga daging itu. "Aku habis dari pasar tadi subuh," katanya.

Ia menyebutkan harga daging tersebut baik yang beku atau impor maupun daging sapi segar.

Menurut dia, penurunan harga tersebut hingga di bawah Rp80.000 per kg sudah tembus atau masuk ke lapak-lapak di pasar. 

Mengenai kebutuhan pokok lain, Mentan mengatakan dalam posisi cukup dan aman. "Stok beras aman, hampir dua kali lipat, harga bawang sudah turun, yang lain aman," kata Amran.

Sebelumnya pada Kamis ini, Mentan Amran Sulaiman blusukan memantau harga daging sapi di tiga pasar antara lain Pasar Cipulir. Pukul 05.30 WIB Amran tiba di Pasar Cipulir, Jakarta Selatan.