Lebaran 2016 - Malioboro jadi fokus pengamanan

id malioboro

Lebaran 2016 - Malioboro jadi fokus pengamanan

Jl. Malioboro Yogyakarta (Foto Antara/Noveradika)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Fokus pengamanan selama libur Lebaran 2016 yang dilakukan bersama antara Kepolisian Resor Kota Yogyakarta dengan pemerintah daerah setempat adalah di kawasan Malioboro sebagai tujuan utama wisata di Yogyakarta.

"Pada dasarnya, semua wilayah akan kami jaga selama libur Lebaran 2016. Namun, fokus utamanya adalah di Malioboro dan tempat-tempat wisata lainnya," kata Kapolresta Yogyakarta AKBP Tommy Wibisono, usai gelar pasukan Operasi Ramadaniya Progo, di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, fokus pengamanan di kawasan Malioboro dilakukan karena adanya pameo di kalangan masyarakat atau wisatawan bahwa tujuan wajib yang harus dikunjungi apabila berada di Yogyakarta adalah Malioboro.

"Belum ke Yogyakarta apabila belum ke Malioboro, akibatnya Malioboro selalu dipenuhi wisatawan," katanya.

Apabila berkaca pada jumlah wisatawan libur lebaran pada tahun lalu, Tommy memperkirakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta selama libur Lebaran 2016 bisa mencapai lebih dari empat juta orang.

Selama libur lebaran, Polresta Yogyakarta membuka dua posko pelayanan dan lima posko pengamanan.

Pos pelayanan berada di Teteg Tugu dan Titik Nol Kilometer, sedangkan posko pengamanan berada di Stasiun Tugu, Lempuyangan, GL Zoo, Simpang Gejayan dan di Terminal Giwangan.

"Total personel yang diterjunkan untuk mendukung pengamanan selama libur Lebaran 2016 mencapai sekitar 1.000 orang. Masih ada `back up` personel dari Polda DIY," katanya pula.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, Operasi Jogobaran yang selama beberapa tahun terakhir digelar oleh Pemkot Yogyakarta untuk menciptakan kondisi aman, tertib, dan nyaman saat libur lebaran langsung diintegrasikan dengan Operasi Ramadaniya Progo.

"Sudah langsung disinergikan dalam sebuah kegiatan Operasi Ramadaniya Progo karena pada dasarnya tujuan dari kegiatan operasi tersebut sama," katanya.

Dukungan dari Pemkot Yogyakarta di antaranya adalah menerjunkan personel dari Satuan Polisi Pamong Praja sebanyak 80 orang per hari.

(E013)


Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024