Kuota 6.800 kursi SMP Negeri Sleman terpenuhi

id PPDB

Kuota 6.800 kursi SMP Negeri Sleman terpenuhi

Ilustrasi PPDB online (foto juragansopwer.com)

Sleman (Antara) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan kuota penerimaan peserta didik baru SMP Negeri melalui "real time online" sebanyak 6.800 kursi sudah terpenuhi.

"Hingga hari terakhir pendaftaran kemarin (Rabu 29/6) kuota PPDB SMP Negeri sebanyak 6.800 kursi telah terpenuhi," kata Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman Dwi Warni Yuliastuti, Kamis.

Menurut dia, hingga hari terakhir seluruh sekolah sudah memenuhi kuota. Bahkan ada sekolah-sekolah yang kelebihan pendaftar melimpahkan ke sekolah lain.

"Data akhir statistik dinas yang ada di website resmi memang terlihat ada jumlah pendaftar yang tidak sesuai kuota. Sebenarnya itu terpenuhi karena ada siswa yang tidak diterima di pilihan pertama kemudian dilimpahkan ke pilihan kedua," katanya.

Ia mengatakan pada ketentuan petunjuk teknis PPDB SMP Negeri, calon peserta didik baru dapat memilih dua sekolah yang diinginkan. Pendaftaran dapat dilakukan baik di sekolah pilihan pertama maupun pilihan kedua.

"Jadi jumlah berkas yang mendaftar di sekolah bisa jadi di bawah daya tampung sekolah, padahal sekolah itu juga mendapat limpahan dari sekolah lain sehingga tidak ada kekurangan siswa," katanya.

Kepala Disdikpora Kabupaten Sleman Arif Haryono mengatakan, jumlah pendaftar SMP di Sleman mencapai 7.950 pendaftar, sementara daya tampung SMP Sleman sebanyak 6.800 kursi.

"Ada sekitar 1.000 calon siswa yang tidak diterima. Mereka yang tidak bisa sekolah di SMP Negeri bisa bersekolah di sekolah swasta," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024