Sabtu, 23 September 2017

UPT Giwangan pastikan tidak ada keluhan keamanan

id Giwangan
UPT Giwangan pastikan tidak ada keluhan keamanan
Ruang tunggu terminal giwangan yogyakarta, ilustrasi (Foto Antara)
Jogja (Antara) - Unit Pelaksana Teknis Terminal Giwangan Yogyakarta memastikan tidak ada keluhan atau gangguan keamanan dalam bentuk apapun selama pelaksanaan masa Angkutan Lebaran 2016, khususnya hingga H-3 lebaran.

"Sampai sekarang, tidak ada laporan tindak kejahatan atau kriminal dalam bentuk apapun di Terminal Giwangan. Tidak ada laporan kecopetan, gendam atau tindak kriminal apapun," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta di Yogyakarta, Senin.

Ia berharap, kondisi keamanan di Terminal Giwangan Yogyakarta tetap terjaga hingga berakhirnya masa Angkutan Lebaran 2016, bahkan bisa berlangsung setiap saat meskipun pengamanan di terminal tidak lagi dilakukan secara ketat.

Selama masa Angkutan Lebaran 2016, pengamanan di Terminal Giwangan Yogyakarta, khususnya oleh personel TNI/polri dilakukan lebih ketat dibanding tahun lalu dengan adanya tambahan personel keamanan.

Bekti menyebut, jumlah personel kepolisian yang bertugas di Terminal Giwangan mengalami kenaikan dibanding tahun lalu yaitu dari 11 orang menjadi 19 orang per shift, sedangkan pengamanan TNI naik dari tiga orang menjadi lima orang per shift.

"Selain itu, juga dilakukan pengamanan `mobile` oleh personel Polda DIY dan Brimob. Ada petugas yang selalu datang untuk patroli di terminal," katanya.

Pada tahun lalu, Bekti mengatakan, tidak ada kejadian kejahatan atau kriminal yang terjadi di Terminal Giwangan. "Ada satu laporan kecopetan yang masuk, namun korban mengalami kecopetan sebelum masuk ke Giwangan, tetapi lapornya di Terminal Giwangan," katanya.

Selain oleh petugas, pengamanan di Terminal Giwangan Yogyakarta juga didukung oleh keberadaan sejumlah kamera "closed circuit television" (CCTV) yang dipasang di sejumlah titik strategis di Giwangan.

"Kami memiliki lima kamera dan ada tambahan enam kamera lagi. Semuanya sudah bisa digunakan sejak H-7 lebaran," katanya.

Kamera CCTV tersebut di antaranya dipasang di jalur kedatangan, ruang tunggu penumpang, jalur pemberangkatan ke arah Jakarta, pintu keluar dan di Blok RR, serta di Blok G.

(E013)

Editor: Hery Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga