Lebaran 2016 - GLZoo minta tarif parkir tidak memberatkan wisatawan

id GL Zoo

Lebaran 2016 - GLZoo minta tarif parkir tidak memberatkan wisatawan

Gembira Loka Yogyakarta (Foto ANTARA/Barikurahman)

Jogja (Antara) - Manajemen Gembira Loka Zoo Yogyakarta mengimbau para pengelola kantung parkir tidak resmi di kawasan kebun binatang itu tidak memasang tarif terlalu tinggi sehingga memberatkan wisatawan selama libur Lebaran 2016.

"Kami mengimbau agar kantung-kantung parkir yang banyak membuka jasa parkir di kawasan objek wisata ini tidak memanfaatkan `aji mumpung`," kata Direktur Utama Gembira Loka Zoo (GL Zoo), KMT A. Tirtodiprojo di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia setiap memasuki Lebaran Manajemen GL Zoo banyak mendapatkan keluhan dari wisatawan terkait tingginya tarif parkir yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat di kawasan kebun binatang itu.

Sesuai pemantauan yang dilakukan selama ini, tarif parkir liar atau tidak resmi di kawasan itu dipasang mulai Rp5.000 untuk sepeda motor, Rp25 ribu untuk mobil, dan Rp50.000 atau lebih untuk bus pariwisata.

"Kadang warga sekitar kebun binatang ini menggunakan kesempatan ramainya pengunjung dengan mematok tarif secara mahal," kata dia.

Padahal GL Zoo sudah menyediakan lahan parkir sendiri bekerja sama dengan masyarakat sekitar yaitu di samping kanan-kiri pintu masuk utama sebelah timur dan di samping pintu masuk tambahan sebelah barat Jalan Veteran dengan tarif resmi Rp2.000 untuk sepeda motor, Rp5.000 untuk mobil, dan Rp10.000 untuk bus wisata.

Kendati demikian, menurut dia, Manajemen GL Zoo tidak dapat berbuat banyak kecuali memberikan imbauan dan berharap Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dapat menertibkan parkir tidak resmi yang mematok harga terlalu tinggi tersebut.

Humas GL Zoo Khrisyanto Agung Wibowo menambahkan bagi pengunjung yang kecewa dengan tarif parkir tidak resmi tersebut disarankan untuk mengadu ke nomor (0274) 41001 atau 410015.

"Kami juga sudah mencantumkan papan di kawasan parkir liar yang bertuliskan parkir ini merupakan parkir yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat," kata Agung.

Agung memperkirakan lonjakan wisatawan akan terlihat mulai H+1 Lebaran mencapai 10.000 pengunjung dan mencapai puncaknya hingga 20.000 per hari pada H+3 Lebaran.

Manajer Administrasi Suharti mengatakan mulai 6 hingga 17 Juli tarif masuk GL Zoo akan mengalami kenaikan dari Rp30 ribu per orang menjadi Rp35 ribu per orang.

Selain itu, tiket wahana transportasi keliling (Taring) naik dari Rp5 ribu menjadi Rp8 ribu per orang, tiket paket Kataring naik dari Rp20 ribu menjadi Rp25 ribu per orang, Gajah tunggang dari Rp10 ribu menjadi Rp20 ribu per orang, dan tarif wahana becak air naik dari semula Rp15 ribu menjadi Rp25 ribu per orang.

(L007)