Badan helikopter yang jatuh mulai dievakuasi

id helikopter jatuh

Badan helikopter yang jatuh mulai dievakuasi

Petugas melakukan evakuasi Helikopter jenis Bell 2015 yang jatuh di Dusun Kowang, Tamanmartani, Kalasan, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (8/7). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Sleman, (Antara Jogja) - Badan Helikopter HA-5073 milik TNI AD yang jatuh di Dusun Kowang, Tamanmartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat (8/7) mulai dievakuasi.

Evakuasi badan pesawat helikopter tersebut dilakukan sejak Sabtu dini hari dengan cara memotong-motong dengan menggunakan gergaji mesin.

"Sejak dini hari tadi sudah mulai dilakukan pemotongan badan helikopter. Kami tidak bisa melihat langsung karena lokasi dijaga petugas TNI AD, namun kami mendengar suara besi yang dipotong dengan pisau gerinda," kata warga setempat Priharyanto.

Potongan-potongan badan pesawat tersebut kemudian diangkut ke dalam tiga buah truk TNI AD milik Kodam IV Diponegoro.

"Potongan-potongan badan pesawat diangkut ke dalam truk secara manual dengan cara digotong puluhan tentara, karena mobil crane yang didatangkan tidak dapat masuk ke lokasi," katanya.

Sampai berita ini ditulis ketiga truk pengangkut badan dan mesing helikopter masih berada di lokasi.

Helikopter milik TNI AD yang sedang melakukan patroli udara pengamanan kunjungan Presiden Joko Widodo di Solo dan Yogyakarta mengalami musibah jatuh di Dusun Kowang, Tamanmartani, Kalasan Jumat (8/7) sekitar pukul 15.00 WIB, sebelumnya diketahui baling-balinya sempat berhenti berputar.

"Dari arah timur suara kencang, tiba-tiba mesin mati dan baling-balin berhenti berputar," kata saksi mata warga setempat Priharyanto (35).

Menurut dia, setelah mesin mati helikopter limbung dab menukik dan menabrak dua kamar milik Heru Purwanto.

"Setelah itu Helikopter jatuh dan berhenti dengan posisi berbalik arah dari sebelum ke arah barat, menjadi ke arah timur di rumah milik Suparno," katanya.

Saksi lain Lina (30) yang turut melakukan evakuasi korban mengatakan, korban meninggal pertempuan mengalami luka di kepala dan kaki kanan patah.

"Sedangkan yang lain mayoritas mengalami luka di kepala karena terjepit. Semntara korban luka lainnya mayoritas mengalami luka di kepala dan dada serta lengan," katanya.

Ia menyebutkan, bahwa korban dalam kejadian tersebut ada enam orang, tiga orang meninggal di lokasi.

"Saya sempat membantu menolong lima orang, dua orang meninggal. Tetapi tenyata masih ada satu orang lagi korban yang ada di bawah helikopter," kata wanita yang bekerja sebagai perawat di RSUP Suraji Tirtonegoro, Klaten, Jawa Tengah ini.***2***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024