Kota Yogyakarta jalin kerja sama dengan Yangzhou Tiongkok

id pemkot

Kota Yogyakarta jalin kerja sama dengan Yangzhou Tiongkok

Pemerintah Kota Yogyakarta (istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Kota Yangzhou, Tiongkok dalam sejumlah bidang di antaranya pariwisata, pendidikan, dan budaya meskipun tidak tertutup kemungkinan perkembangan bidang kerja sama lainnya.

"Ada sejumlah persamaan antara kedua kota sehingga kami pun mencoba melakukan kerja sama dengan Yogyakarta dengan harapan kerja sama ini bisa terus berkembang," kata Vice Secretary General of Yangzhou Municipal Government Zhu Yong, saat penandatangan kerja sama di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, sejumlah persamaan tersebut di antaranya adalah kedua kota merupakan tujuan wisata dan memiliki banyak bangunan cagar budaya yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Yong menyebut, pendapatan Kota Yangzhou dari sektor pariwisata cukup tinggi mencapai 10 miliar dolar AS. Sejumlah lokasi wisata yang menjadi andalan kota di bagian timur Tiongkok tersebut adalah bangunan cagar budaya "Grand Canal" yang masuk sebagai situs cagar budaya dunia.

"Masyarakat Yangzhou juga sangat gemar berwisata. Namun, seringkali ke Thailand atau Singapura. Kami akan coba menyampaikan informasi bahwa Yogyakarta juga sangat menarik dikunjungi," ucapnya.

Selain bidang pariwisata, Yong menyebut kerja sama di bidang pertanian bisa terbuka lebar, terlebih di Yangzhou terdapat sebuah pabrik yang memproduksi mesin-mesin pertanian.

"Bahkan pabrik tersebut memproduksi helikopter yang bisa digunakan untuk mendukung pertanian," katanya yang juga membuka kesempatan untuk kerja sama di bidang pendidikan, ekonomi dan perawatan cagar budaya.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti berharap agar kerja sama yang terjalin antara dua kota tersebut tidak hanya berada di atas kertas saja.

"Kerja sama ini diharapkan tidak hanya di atas kertas, tetapi juga bermanfaat untuk masyarakat di kedua kota," imbuhnya.

Haryadi pun menyatakan akan memenuhi undangan untuk berkunjung ke kota tersebut dalam waktu dekat.

 (E013)


Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024