BNPT bentuk agen perdamaian dunia maya

id Bnpt

BNPT bentuk agen perdamaian dunia maya

Puluhan anak muda dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah mengikuti pelatihan duta damai dunia maya di Sleman 19 Juli 2016. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman, (Antara Jogja) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar pelatihan duta damai dunia maya di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mencegah aksi-aksi radikalisme, Selasa.

Pelatihan diikuti puluhan anak muda dari sejumlah daerah seperti Yogyakarta dan Sleman, serta perwakilan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur ini bertujuan untuk menanggulangi propaganda kelompok radikal melalui dunia maya.

"Anak-anak muda ini nantinya akan dibentuk menjadi benteng agen perdamaian dunia maya, baik melalui media sosial maupun website yang menampilkan konten bertentangan dengan Pancasila," kata Kepala Sub Dit Pengawas dan Kontra Propaganda Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Dadang Hendrayudha.

Menurut dia, propaganda organisasi radikal yang berusaha menyerang Indonesia saat ini semakin dirasakan.

"Tidak hanya di dunia nyata, prpaganda juga terjadi melalui dunia masya," katanya.

Ia mengatakan, anak-anak muda sebagai pengguna dunia maya terbesar menjadi rawan terpengaruh propaganda yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

"Anak-anak muda yang sebagian besar merupakan bloger ini akan diber pelatihan selama tiga hari tentang bagaimana menjadi benteng dan agen perdamaian dengan diajak untuk membuat website dengan konten positif sebagai kontra propaganda kelompok radikal di dunia maya," katanya.

Dadang mengatakan, selain di Sleman, Yogyakarta, pelatihan duta damai dunia maya juga telah digelar di beberapa kota besar, seperti Medan, Makassar dan Jakarta.

"Nantinya website dan media sosial anak-anak muda ini akan disebar ke seluruh Indonesia. Saat ini hampir 35 persen penduduk Indonesia menggunakan akses internet," katanya. ***2***

(V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024