Disdikpora berharap museum jadi destinasi ramah anak

id museum

Disdikpora berharap museum jadi destinasi ramah anak

Museum Benteng Vredeburg (Foto Istimewa) (foto istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta berharap seluruh pengelola museum di DIY meningkatkan inovasi menjadikan museum sebagai destinasi wisata edukasi ramah anak.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji di Yogyakarta, Jumat mengatakan peningkatan inovasi dan kreatifitas sudah harus dilakukan oleh pengelola museum untuk mendukung berlangsungnya program wajib kunjung museum bagi siswa SD dan SMP di DIY.

"Kami minta penjelasan pemandu mengenai museum terhadap siswa bisa dibuat semenarik mungkin. Kalau perlu pimpinan museum langsung yang turun memandu," kata Aji.

Menurut dia, kunjungan wajib kunjung museum selama ini telah dilaksanakan bekerja sama dengan Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY dan Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY. Melalui kerja sama itu secara berkala bus wajib kunjung museum akan berkeliling ke sekolah-sekolah untuk menjemput siswa.

"Kami memang bekerja sama menyiapkan museum menjadi salah satu tujuan pendidikan. Tetapi kalau hanya melihat-lihat saja tanpa ada ceritanya tentu tidak optimal," kata dia.

Selama pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah (PLS), Aji juga mengimbau seluruh sekolah khususnya SD dan SMP untuk menyisipkan kunjungan museum sebagai salah satu agenda kegiatan penyambutan siswa baru.

"Kami memang mengimbau tetapi tidak wajib harus saat tiga hari pelaksanaan PLS," kata dia.

Senada dengan Aji, sekretaris Barahmus DIY Asroni mengaku telah mendorong pengelola museum, selain inovatif, sebagai wahana edukasi museum juga harus jauh dari kesan angker.

Menurut dia, masing-masing museum perlu melakukan pembaruan perawatan secara berkala mengikuti perkembangan zaman. Sebab, menurut dia, banyak museum yang memiliki koleksi cukup edukatif namun masih minim perawatan sehingga terkesan angker.

"Banyak museum swasta di Yogyakarta yang sebetulnya memiliki cukup banyak koleksi penting, namun masih minim dalam perawatan dan pengelolaan," kata dia.

Ketua Bidang Teknologi Informasi dan Kerja Sama Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY Donny S Megananda menyebutkan hingga kini museum terdaftar sebagai anggota Barahmus di DIY berjumlah 35 museum dari 48 museum di provinsi.

Doni menambahkan beberapa aspek yang masih perlu dioptimalkan oleh pengelola museum meliputi kebersihan, tampilan fisik dan penataan desain, serta pelayananan pemandu museum.

(L007)