Tiga paket pekerjaan jalan DAK selesai lelang

id Infrastruktur jalan

Tiga paket pekerjaan jalan DAK selesai lelang

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo melihat pembangunan infrastruktur jalan perdesaan. (Humas Kabupaten Kulon Progo)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah Kota Yogyakarta menyelesaikan lelang untuk tiga dari 10 paket pekerjaan jalan yang didanai menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) pada tahun 2016.

"Tujuh paket lainnya masih dalam proses lelang dan diharapkan dapat segera diselesaikan," kata Kepala Bidang Binamarga Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kota Yogyakarta Wijayanto di Yogyakarta, Selasa.

Wijayanto mengatakan ketiga paket pekerjaan jalan yang sudah selesai dilelang dan kini memasuki proses pembuatan kontrak kerja dengan pemenang lelang adalah paket pekerjaan jalan untuk Jalan Pramuka, Jalan Ipda Tut Harsono dan Jalan Langensari.

"Setelah kontrak selesai dibuat, maka pemenang lelang akan segera melakukan perbaikan jalan. Tinggal mengantre di `asphalt mixing plant` atau tempat produksi aspal," katanya.

Sedangkan tujuh paket pekerjaan jalan lain yang kini sedang dalam proses lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kota Yogyakarta adalah paket perbaikan Jalan Singoranu, Jalan Ki Ageng Pemanahan, Jalan Gondosuli, Jalan Tentara Rakyat Mataran, Jalan Tri Darma-Kusuma, Jalan Munggur, Jalan AM Sangaji dan Jalan Kusbini-Langensari.

Wijayanto mengatakan rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk pengaspalan ulang satu ruas jalan adalah satu hingga tiga hari tergantung kondisi lalu lintas di jalan tersebut.

"Proses pengaspalan tidak membutuhkan waktu lama. Jika ruas jalan tidak terlalu ramai dengan kendaraan, maka proses pengaspalan bisa dilakukan satu hari. Semuanya tergantung kondisi di lapangan," katanya.

Selain itu, kondisi cuaca juga berpengaruh terhadap proses perbaikan atau pengaspalan jalan.

"Kontraktor pasti akan menunda pekerjaan jika terjadi hujan deras karena hasilnya pasti tidak maksimal. Ada ukuran-ukuran tertentu yang sudah sangat dipahami kontraktor," katanya.

Salah satu paket pekerjaan perbaikan jalan yang diperkirakan membutuhkan waktu cukup lama adalah perbaikan Jalan Tri Darma-Kusuma karena disertai dengan pembangunan saluran drainase.

Wijayanto berharap seluruh pekerjaan perbaikan jalan yang didanai oleh pusat itu bisa diselesaikan pada September.

Total DAK yang dianggarkan untuk perbaikan jalan adalah Rp18 miliar.
Selain menggunakan DAK, Pemerintah Kota Yogyakarta juga menganggarkan dana untuk perbaikan jalan lingkungan.

"Sudah ada pemenangnya. Saat ini dijadwalkan pengaspalan di Jalan Mondoliko dan Wiring Kuning. Sebelumnya sudah dilakukan di Jalan Karangsari," katanya.

(E013)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2024