Perombakan kabinet diharapkan tingkatkan kualitas UMKM

id UKM

Perombakan kabinet diharapkan tingkatkan kualitas UMKM

Ilustrasi(Foto antarafoto.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Komunitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta berharap perombakan kabinet yang telah dilakukan Presiden Joko Widodo mampu berdampak pada peningkatan kualitas pelaku usaha sektor mikro, kecil, dan menengah.

"Kami berharap antara sebelum dan sesudah reshuffle ada dampaknya terhadap sektor UMKM sebagai penopang perekonomian Indonesia," kata Ketua Komunitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KUMKM) Prasetyo Atmosutidjo di Yogyakarta, Kamis.

Prasetyo mengatakan hingga saat ini persoalan mendasar yang dihadapi pelaku usaha sektor UMKM adalah menyangkut kemudahan akses permodalan.

Menurut dia, akses permodalan di kebanyakan perbankan atau sektor formal lainnya masih susah ditembus kalangan pengusaha kecil, apalagi mikro.

"Meski sudah ada program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga rendah hingga 9 persen atau akan diturunkan lagi 7 persen, kenyataanya masih sulit ditembus pelaku UMKM," kata dia.

Padahal, kata Prasetyo, UMKM merupakan sektor vital, tonggak perekonomian negara berkembang seperti Indonesia.

"Saat ini hampir 98 persen lapangan kerja di Indonesia disediakan sektor UMKM. Roda perekonomian juga didominasi UMKM," kata dia.

Oleh sebab itu, ia berharap kementerian yang membidangi sektor perekonomian dan UMKM mampu meningkatkan militansi dan profesionalitas untuk memajukan UMKM di era persaingan pasar bebas ASEAN.

"Dengan memajukan UMKM maka kesenjangan perekonomian di kalangan masyarakat perdesaan juga akan mampu teratasi," kata dia.
(L007
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024