Gunung Kidul bangun sarana bermain papan luncur

id skateboard

Gunung Kidul bangun sarana bermain papan luncur

Gunung Kidul D.I.Yogyakarta (Foto Antara/Agus Priyanto)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan membangun sarana bermain "skateboard " (papan luncur) di sekitar taman Kota Wonosari.

Kepala Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan (Kapedal) Irawan Jatmiko di Gunung Kidul, Senin, mengatakan pada akhir tahun akan segera membangun lokasi sarana bermain papan luncur.

"Anggaran direncanakan masuk dalam pos Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2016. Anggarannya sekitar Rp190-an juta," kata Irawan.

Konsep pembangunan akan melibatkan komunitas dan masyarakat. Selain arena bermain papan luncur, arena akan dilengkapi oleh panggung terbuka tanpa atap yang bisa digunakan sebagai tempat anak muda menampilkan potensi dan hobi mereka kepada masyarakat.

"Anak muda butuh eksis dan kesempatan menunjukkan potensi dan minat mereka. Taman ini akan dibangun di sisi barat taman kota, di sana lokasinya cukup terbuka," katanya.?

Tidak hanya area papan luncur, di sana nanti juga akan dibangun jogging track, gazebo, taman baca hingga penerangan ditambah. Harapannya lokasi bisa digunakan untuk taman bermain dan berekreasi keluarga.
"Untuk taman baca kita akan berkomunikasi dengan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD)," katanya.
Irawan mengatakan selain taman kota, pembenahan juga taman pintu masuk Gunung Kidul sisi barat. Saat ini sudah ditambah dengan air mancur, nantinya daya pancuran akan ditambah.

Selain itu, pihaknya saat ini sudah menanam bunga krisan yang banyak tumbuh di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran, Patuk. Pananaman bunga krisan bukan tanpa alasan karena bunga ini bisa mekar sepanjang tahun.

"Sudah mulai ditanam, perawatannya pun cukup mudah, dan paling penting bisa mekar sepanjang tahun," ucapnya.

Sebelumnya, pengelola bunga krisan di Embung Nglanggeran Sugiyono ?mengungkapkan uji coba penanaman dilakukan sejak 19 Desember 2015 lalu dan hasilnya pun tidak begitu mengecewakan, bunga krisan tersebut tumbuh subur dan menciptakan berbagai warna yang cerah.

"Pertama kali diuji coba hasilnya cukup bagus, sehingga kami terus kembangkan," katanya.

Pihaknya menanam lima jenis bunga krisan diantaranya bunga bunga krisan kinanti, bunga krisan puspita nusantara, bunga krisan pasopati, dan bunga krisan dwina kencana, dan bunga krisan swara kencana.

"Selain cantik, bunga krisan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.
KR-STR