UNY kirimkan 12 tim Ke Pimnas 2016

id uny

UNY kirimkan 12 tim Ke Pimnas 2016

UNY (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Universitas Negeri Yogyakarta mengirimkan 12 tim program kreativitas mahasiswa ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2016 di Institut Pertanian Bogor, 8-11 Agustus.

"Tim itu terdiri atas Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat 3 tim, PKM Penelitian (4), PKM Kewirausahaan (2), PKM Karsa Cipta (2), dan PKM Teknologi (1)," kata Koordinator Tim Pimnas UNY Nurtanio Agus Purwanto di Yogyakarta, Jumat.

Pada pelepasan tim Pimnas UNY, Nurtanio mengatakan jumlah anggota tim sebanyak 54 mahasiswa, 12 dosen pembimbing, dan 11 ofisial. Tim telah melakukan berbagai persiapan sebelum berlaga di ajang tersebut.

"Persiapan yang telah dilakukan tim Pimnas UNY, selain pelatihan juga ada pembinaan dari fakultas dan inisiatif dari tim PKM itu sendiri," katanya.

Menurut dia, Pimnas merupakan ajang kompetisi berskala nasional tempat para mahasiswa dari seluruh universitas di Indonesia unjuk kemampuan intelektual dan kreativitas dalam bentuk pembuatan PKM.

"Tim Pimnas UNY merupakan finalis yang lolos dari 123 proposal PKM yang didanai Dikti dari 738 proposal yang diajukan UNY," kata Nurtanio.

Rektor UNY Rochmat Wahab mengatakan rekognisi masyarakat terhadap kampus tidak hanya semata banyaknya lulusan yang cumlaude, melainkan juga yang memiliki "softskill" dan kompetensi di luar bidang akademik.

"Setelah selesai Pimnas diadakan evaluasi dan `talent scouting` untuk mencari bibit-bibit intelektual muda," kata Rochmat.

Menurut dia, Pimnas merupakan kegiatan rutin tahunan sejak tahun delapan puluhan, tetapi harus tetap diperjuangkan.

"Kami bangga apabila ada alumni yang bisa kembali membimbing di fakultas seperti juga para senior Pimnas yang telah menjadi dosen," kata Rochmat.

(U.B015)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024