Presiden Ukraina kunjungi Sultan HB X

id Keraton

Presiden Ukraina kunjungi Sultan HB X

Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X menyambut kedatangan Presiden Ukraina Preto Poroshenko di Regol Donopratopo Keraton Yogyakarta, Sabtu 6 Agustus 2016. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Jogja (Antara) - Presiden Ukraina Preto Poroshenko bersama keluarga mengunjungi Sri Sultan HB X di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Yogyakarta, Sabtu.

Presiden Ukraina bersama rombongan tiba di kompleks Keraton pukul 12.30 WIB. Memasuki Regol Donopratopo, Preto Poroshenko bersama istri dan empat anaknya disambut oleh Raja Keraton Ngayogyakarta, Sri Sultan HB X didampingi Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas dengan diiringi tabuhan gending Monggang.

Turut menyambut pula keempat putri Sultan, GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, dan GKR Bendoro.

Setelah memasuki area dalam Keraton, Sultan yang mengenakan surjan bermotif bunga langsung mempersilakan Poroshenko menuju Tratak Proboyekso. Di Tratak itu Sultan memamerkan sejumlah koleksi pusaka simbol kebesaran keraton, termasuk koleksi keris, wayang, serta sejumlah serat kuno.

Presiden Ukraina juga sempat diperlihatkan demo tatah sungging atau tata cara membuat wayang kulit serta teknik membatik.

Sebelum melakukan santap siang di Bangsal Manis, Porosenko dan keluarga menyempatkan berbincang-bincang dengan Sultan di Gedong Jene di kompleks keraton.

"Beliau bersama istri dan anak-anaknya hanya berdialog secara kekeluargaan saja. Hanya ada harapan menghubungkan kota-kota (di Ukraina) yang cocok dengan Yogyakarta untuk sister province," kata Sultan HB X sesusai kunjungan itu.

Kunjungan Presiden Ukraina ke Keraton Ngayogyakarta merupakan salah satu agenda lawatannya ke Indonesia. Setelah meninggalkan Keraton, Porosenko dan keluarga melanjutkan kunjungannya ke Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

(L007)