Haji - Kemenag Imbau calhaj patuhi jadwal tahapan haji

id haji

Haji - Kemenag Imbau calhaj patuhi jadwal tahapan haji

ilustrasi.sumut.kemenag.go.id (haji)

Bantul (Antara Jogja) - Kementerian Agama Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau seluruh calon jamaah haji dari daerah ini mematuhi dan mengikuti penjadwalan tahapan ibadah haji yang telah ditentukan pimpinan.

"Kami sudah banyak mengingatkan di berbagai pertemuan para calon haji agar disiplin jadwal dan mengikuti instruksi pimpinan kloter (kelompok terbang)," kata Kasi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Bantul, Bambang Inanta di Bantul, Rabu.

Menurut dia, imbauan tersebut disampaikan agar seluruh tahapan haji berjalan tertib termasuk untuk mencegah insiden jamaah calhaj Indonesia pada prosesi akan lempar jumrah tahun lalu terulang kembali.

"Mudah-mudahan tidak ada kejadian itu, apalagi di sana (Arab Saudi) biasanya ketua kloter dan ketua rombongan diajak diskusi untuk kemudian ada penjadwalan, kami harap semua mengikuti jadwal yang sudah ada," katanya.

Ia mengatakan, jumlah calhaj Bantul yang diberangkatkan pada 2016 sebanyak 688 jamaah, jumlah tersebut bertambah dari kuota awal sebanyak 683 calhaj untuk Bantul karena ada mutasi dari daerah lain seperti dari Sleman.

Sementara dari sisi kesehatan calhaj, kata dia, sudah melalui pemeriksaan kesehatan beberapa tahap termasuk suntik meningitis, meski begitu calhaj diharapkan mempersiapkan diri karena perbedaan cuaca di Arab dan Indonesia.

"Dari sisi petugas kesehatan disamping sudah ada tim kesehatan juga masih ditambah petugas daerah, pemandu haji daerah dan paramedis. Di sektor juga ada petugas kesehatan," katanya.

Sementara itu, menurut dia, calon jamaah haji Bantul termuda berusia 19 tahun yaitu bernam M.Ardhia Yudhana yang beralamat di Kecamatan Sewon, sedangkan jamaah haji tertua berusia 82 tahun yaitu Trimo Rejo asal Cepoko Jajar, Kecamatan Piyungan.

"Seluruh jamaah haji Bantul akan diberangkatkan ke dalam dua kloter (kelompok terbang) yaitu kloter 24 diberangkatkan pada 17 Agustus, sementara kloter 26 diberangkatkan 18 Agustus," katanya.
KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024