Haji - Yogyakarta pastikan tidak ada kendala visa jamaah

id haji

Haji - Yogyakarta pastikan tidak ada kendala visa jamaah

ilustrasi.sumut.kemenag.go.id (haji)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta memastikan tidak ada kendala visa bagi calon jamaah haji asal kota tersebut sehingga seluruh calon jamaah bisa diberangkatkan sesuai jadwal yang ditetapkan.

"Untuk visa calon jamaah, semuanya sudah tidak ada masalah. Tinggal menunggu keberangkatan saja," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Sigit Warsita di Yogyakarta, Rabu.

Total jumlah calon jamaah haji dari Kota Yogyakarta yang akan diberangkatkan tahun ini tercatat sebanyak 368 jamaah yang terbagi dalam dua kelompok terbang.

Kelompok pertama adalah kelompok terbang 23 yang diberangkatkan pada 16 Agustus pukul 18.30 WIB dari Masjid Diponegoro Kompleks Balai Kota Yogyakarta menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali sebelum bertolak ke tanah suci dan kelompok terbang 28 yang diberangkatkan 19 Agustus pukul 05.00 WIB.

"Hingga saat ini, kesehatan calon jamaah haji dalam kondisi baik dan tidak ada calon jamaah yang mengundurkan diri karena sakit sehingga tidak bisa berangkat," katanya.

Sigit mengatakan seluruh calon jamaah haji asal Kota Yogyakarta yang rata-rata berusia lebih dari 50 tahun juga sudah melakukan pengecekan kesehatan serta menjalani seluruh imunisasi yang diwajibkan.

"Kondisi cuaca di tanah suci sedang panas. Meskipun merasa sehat, calon jamaah diingatkan untuk menjaga kondisi kesehatan dengan beristirahat cukup. Biasanya, calon jamaah sangat fokus menjalankan ibadah dan melupakan istirahat," katanya.

Selain kondisi cuaca, Sigit juga mengingatkan agar seluruh calon jamaah haji mematuhi jadwal ibadah yang sudah ditetapkan untuk menghindari kejadian seperti tahun lalu saat lontar jumroh.

"Sudah ada jam yang ditetapkan untuk melontar jumroh bagi seluruh jamaah. Patuhi saja waktu yang sudah ditetapkan," katanya.
(E013)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024