Korem 072/Pamungkas akan mandata BCB TNI

id bangunan cagar budaya

Korem 072/Pamungkas akan mandata BCB TNI

Ilustrasi salah satu bangunan cagar budaya

Yogyakarta, 10/8 (Antara) - Komandan Korem 072/Pamungkas Yogyakarta Kolonel Infanteri Fajar Setiawan mengatakan akan melakukan pendataan dan perbaikan bangunan cagar budaya milik Tentara Nasional Indonesia di lima kabupaten/kota di daerah itu.

"Kami masih akan melakukan pendataan bangunan secara spesifik," kata Kolonel Inf Fajar Setiawan seusai melakukan pertemuan dengan komponen masyarakat dan awak media di Markas Korem 072/Pamungkas, Yogyakarta, Rabu.

Menurut Fajar, pendataan bangunan cagar budaya perlu dilakukan untuk menjaga kelestarian aset bersejarah milik TNI. Yogyakarta merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi besar menyimpan bangunan cagar budaya jika merunut dari sejarah.

"Yogyakarta ini memiliki sejarah yang cukup heroik, sehingga terdapat banyak benda atau bangunan milik TNI yang terawat maupun belum terawat," kata dia.

Ia mengatakan pendataan seluruh aset mulai dari tanah hingga berbagai bangunan bersejarah milik TNI sebetulnya telah terdata di Jakarta. Namun demikian, masih memerlukan pendataan ulang untuk mendapatkan wujud bangunan secara mendetail.

Korem 07/Pamungkas, menurut dia, telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora), serta Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY untuk pendataan itu. Pemda DIY, kata dia, bahkan telah menyediakan anggaran khusus untuk membantu program pelestarian cagar budaya milik TNI tersebut.

Menurut Fajar hingga saat proses pendataan masih difokuskan di wilayah Kota Yogyakarta. Menurut dia, Kota Yogyakarta memiliki potensi paling besar menyimpan bangunan bersejarah milik TNI, dibanding empat kabupaten lainnya. ***4***
Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024