Haji - 994 calon haji Sleman selesai diberangkatkan

id haji

Haji - 994 calon haji Sleman selesai diberangkatkan

Ilustrasi calon haji (Foto antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat pagi melepas keberangkatan kloter 29 SOC yang merupakan kloter terakhir jamaah calon haji wilayah setempat.

"Dengan demikian seluruh jamaah calon haji asal Sleman, atau sebanyak 994 orang telah selesai diberangkatkan," kata Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun saat melepas keberangkatan jamaan haji kloter 29 di Serambi Masjid Agung Soediro Hoesodo, Sleman.

Pelepasan jamaah haji kloter 29 ini merupakan yang kelima kalinya setelah sebelumnya diberangkatkan kloter 23, 24, 25 dan 27.

"Haji merupakan kesempatan yang langka sehingga diharapkan calon jamaah haji dapat memanfaatkan sebaik-baiknya untuk memperbanyak ibadah. Memanfaatkan kesempatan berhaji dengan niat untuk beribadah kepada Allah SWT semata, diharapkan dapat melaksanakan ibadah yang wajib dan yang sunnah dengan sebaik-baiknya," kata Sri Muslimatun.

Ia mengatakan, di Tanah Suci nanti, jamaah haji merupakan wakil dari Kabupaten Sleman khususnya, sekaligus duta bangsa Indonesia. Berkaca dari peristiwa banyaknya korban pada musim haji tahun lalu, maka diharapkan calon jamaah haji mematuhi jadwal, aturan dan petunjuk yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

"Kedisiplinan ini penting demi kelancaran dan kemabruran ibadah haji sehingga jamaah haji dapat menjadi contoh dan panutan bagi jamaah yang lain. Selain itu, kedepankanlah rasa toleransi di antara sesama jamaah haji agar dapat beribadah dengan baik dan lancar," tuturnya.

Ia berharap jamaah untuk senantiasa menjaga kondisi fisik dalam menjalankan aktifitas ibadah haji nanti. Musim haji tahun ini jatuh pada bulan-bulan dengan kondisi cuaca panas sangat ekstrem.

"Jamaah calon haji agar menghindari paparan langsung sinar matahari, misalnya, dengan memakai payung, banyak meminum air putih, menutupi kepala, memakai pakaian ringan dari bahan yang menyerap keringat, memakai masker serta menyalakan AC kamar," imbuhnya.

V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024