Kementerian ESDM meminta masyarakat jaga kelestarian Gunungsewu

id gunungsewu

Kementerian ESDM meminta masyarakat jaga kelestarian Gunungsewu

Kawasan Gunung Api Purba Nglenggeran di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral meminta masyarakat Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ikut menjaga kelestariann Kawasan Gunungsewu telah mendapatkan pengakuan dunia dengan menjadi Kawasan Global Geopark Network dari UNESCO.

Anggota Badan Geologi Kementerian ESDM Hanang Samodra di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan pelestarian geropark ini penting karena merupakan warisan dunia.

"UNESCO akan mengevaluasi keberadaan Global Geopark Network (GGN) ini dan akan berlaku aturan sebagaimana dalam permainan sepak bola. Ada kartu merah sehingga keluar dari GGN, kartu kuning, dan diberi waktu dua tahun untuk memperbaiki kekurangan serta kartu hijau dengan pengakuan GGN berlanjut," kata Hanang pada sosialisasi kawasan geopark di Kawasan Gua Pindul Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo.

Menurut dia, keberadaan kawasan geropark penting dilestariakan karena kelestarian alam bisa diwariskan ke anak cucu. Selain itu keberadaan kawasan geopark dari sisi ekonomi lebih menjanjikan hasilnya bagi kesejahteraan masyarakat, dan berkelanjutan dibandingkan dengan pertambangan.

"Kawasan geopark harus dilestarikan jangan sampai rusak," katanya.

Sementara Sedang Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunung Kidul Hary Sukmono mengungkapkan sosialisasi yang diikuti 120 siswa sekolah termasuk guru di Kecamatan Karangmojo ini, memiliki tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini salah satunya, agar generasi muda lebih mengenal kawasan Geopark Gunungsewu yang berada di wilayah tempat tinggalnya.

"Selain itu untuk memberikan motivasi agar generasi muda dapat mengambil manfaat, serta menjaga kelesatarian kawasan geopark di wilayah Gunung Kidul," katanya.

Ia mengatakan ada 13 geosite yang menjadi titik-titik kawasan geopark di Gunung Kidul meliputi Gunung Api Purba Nglanggeran (Patuk), Kali Ngalang (Gedangsari), Hutan Wanagama (Playen), Air Terjun Sri Gethuk, Bleberan (Playen), Gua Kali Suci (Semanu). Gua Jomblang (Semanu).

Selanjutnya, Gua Pindul, Bejiharjo (Karangmojo), Lembah Karst Mulo (Wonosari), Pantai Baron-Pantai Kukup-Pantai Krakal (Tanjungsari), Pantai Siung-Gunung Batur-Pantai Wediombo, Tepus dan Girisubo, Hutan Wisata Turunan, Girisuko (Panggang), Gua Cokro, Umbulrejo (Ponjong) dan Bengawan Solo Purba (Sadeng) wilayah Desa Pucung, Kecamatan Girisubo. ***1***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024