Bantul libatkan 21 poktan kembangkan bank benih

id bank benih, bawang merah

Bantul libatkan 21 poktan kembangkan bank benih

Ilustrasi petani bawang merah

Bantul, 25/8 (Antara) - Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melibatkan 21 kelompok tani untuk mengembangkan bank benih bawang merah guna mencukupi kebutuhan benih tanaman tersebut.

"Konsep bank benih bawang merah sudah kita sosialisasikan. Ada 21 kelompok tani (poktan) yang kita pilih untuk membentuk bank benih bawang merah," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul Pulung Haryadi di Bantul, Kamis.

Pada musim taman Agustus, 21 poktan tersebut diminta menanam bawang merah di lahan garapan mereka dengan benih bantuan pemerintah, dan sebagian hasil panennya disimpan untuk perlakuan benih bawang.

Ia mengatakan, setidaknya ada lahan pertanian seluas 40 hektare milik 21 poktan tersebut yang diharapkan bisa menghasilkan produksi panen rata-rata 10 ton per hektare, sehingga secara keseluruhan bisa menghasilkan 400 ton bawang merah.

"Harapan kami 10 persen dari hasil panen untuk benih. Jika produksinya bisa 400 ton, maka akan ada 40 ton bawang yang disimpan petani untuk konsep bank benih. Sudah ada kesepakatan dan perjanjian antar-petani," katanya.

Pulung mengatakan, benih yang dihasilkan semua poktan disiapkan untuk memenuhi kebutuhan benih kelompok masing-masing pada musim tanam selanjutnya agar tidak muncul kesulitan mendapatkan benih tanaman hortikultura itu.

"Kalau itu disimpan oleh kelompok dan dijual di kelompoknya dengan harga normal. Ini untuk mengantisipasi petani kesulitan benih, mengingat selama ini ketika memasuki musim tanam bawang merah, benih sulit didapat, kalau ada harganya tinggi," katanya.

Menurut dia, hingga saat ini bawang merah untuk konsep bank benih rata-rata sudah berumur satu bulan lebih, sehingga diprediksikan akan memasuki panen pada September nanti, sebab sejak menanam hingga waktu panen normalnya berumur dua bulan.

"Hasil pengamatan kami di lapangan untuk bawang merah bagus, tumbuhnya sesuai yang kita harapkan, varietas bawang merah yang ditanam yaitu bawang tiron dan crok kuning. Kita pakai benih ini karena sangat cocok di musim ini," katanya. ***3***
Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024