Haji - Empat calon haji DIY batal berangkat

id calon haji

Haji - Empat calon haji DIY batal berangkat

Ilustrasi Jamaah calon haji (Foto Antara)

Yogyakarta, 25/8 (Antara) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan empat dari 2.484 calon haji asal provinsi ini batal berangkat ke Tanah Suci karena sakit dan mengundurkan diri.

"Ada empat calon jamaah haji yang memastikan membatalkan keberangkatannya," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DIY Noor Hamid di Yogyakarta, Kamis.

Menurut Hamid, dua calon haji (calhaj) yang memutuskan mengundurkan diri yakni Sutarto Harjo Dikromo, alamat Plumbon Sindumartani Ngemplak, Sleman dan Moh. Thoha Abdul Djabar, warga Gedungkiwo Mantrijeron Kota Yogyakarta.

Sementara dua calhaj lainnya atas nama Harjani Taroji Abdul Rahim, warga Timbulrejo Krodan Maguwoharjo, Sleman dan Sri Pujiati Surachman, warga Cebonganlor, Tlogodadi, Mlati, Sleman membatalkan keberangkatan karena sakit.

"Harjani Taroji mengalami sakit gagal ginjal, sedangkan Sri Pujiati menderita kanker," kata Hamid.

Ia mengatakan, Sri Pujiati Surachman berusia 70 tahun kloter SOC 29. Hasil rekomendasi RS Moewardi Solo dan Tim kesehatan embarkasi, yang bersangkutan tidak laik terbang karena sudah tidak bisa berjalan dan tidak ada keluarga yang mendampingi. "PPIH Embarkasi Solo memutuskan Sri Pujiati tidak diberangkatkan," kata dia.

Selain itu, kata dia, ada enam calhaj yang masih tertunda keberangkatannya. Keenam calhaj yang masih tertunda adalah tiga pasang suami istri. Mereka adalah pasangan Komarudin dan Herawati yang akan  diberangkatkan dengan kloter terakhir 74 pada 5 September pukul 13.30 dengan GA 8108.

Pasangan suami istri lainnya adalah calhaj kloter 28 SOC asal kulonprogo, Ahmad Nurpat Nurachman sakit gagal ginjal dan istrinya Anis Eni Purwati.

"Mereka direncakan tergabung dalam kloter 49 SOC Kabupaten Tegal dan Batang pada 29 Agustus pukul 00.35 dengan GA 6215," kata dia.

Sementara, satu pasang suami istri lain adalah Aruji Siswanto dan Indriawati asal Perum Jatimas Permai Balai Catur, Gamping, Sleman, kloter 25. "Saat ini masih menunggu revisi visa yang salah," kata Hamid.

Seperti diketahui pemberangkatan calhaj DIY terdiri atas kloter 23 SOC hingga 29 SOC. Untuk kloter 23, 24, dan 25 diberangkatkan 18 Agustus 2016, kloter 26 dan 27 diberangkatkan 19 Agustus, sementara kloter 28 dan 29 telah diberangkatkan 20 Agustus. ***4***
Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024