Mahasiswa UAD ikuti program transfer di Malaysia

id UAD

Mahasiswa UAD ikuti program transfer di Malaysia

Universitas Ahmad Dahlan (UAD). (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Sembilan mahasiswa dari lima program studi di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta terpilih mengikuti program transfer kredit selama satu semester di Universiti Utara Malaysia.

"Mereka terpilih setelah mengikuti tahapan seleksi antara lain kecakapan berbahasa Inggris dan minimal nilai indeks prestasi akademik (IPK)," kata Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Ida Puspita di Yogyakarta, Jumat.

Di sela pembekalan keberangkatan ke Universiti Utara Malaysia (UUM), Ida mengatakan sembilan mahasiswa itu adalah Herman Peta Permadi dan Auliya Lathifathul Wadiah dari Program Studi Hukum, Rohisotul Mutabasimah dan Siti Hartinah (Akuntansi).

Selanjutnya Taufukurrahman dan Rahmat Saleh dari Program Studi Ekonomi Pembangunan, Rahmayani dan Febrian Eka Putra (Manajemen), serta Rifki Pambudi (Teknik Informatika).

"Mereka akan berangkat ke UUM pada tanggal 27 Agustus 2016 dan berada di negeri jiran selama enam bulan hingga Maret 2017," katanya.

Ia mengatakan program transfer kredit selama satu semester itu merupakan salah satu bentuk realisasi nota kesepahaman antara UAD dengan UUM. Dalam program itu mahasiswa mendapatkan fasilitas bebas SPP dan akomodasi di UUM.

"Aktivitas kerja sama transfer kredit itu merupakan upaya UAD memperluas jenis kerja sama serta memberikan pengalaman internasional bagi mahasiswa, minimal ke negara ASEAN dalam rangka era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," katanya.

Ke depan, kata Ida, kegiatan itu diharapkan berkesinambungan dan bersifat timbal balik yakni UUM akan mengirimkan mahasiswanya ke UAD untuk program transfer kredit dan semakin banyak program studi yang terlibat.

Pembekalan kepada sembilan mahasiswa yang akan mengikuti program transfer selama satu semester di UUM itu dilakukan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UAD Sarbiran dan dihadiri kepala program studi, dosen pendamping, dosen, dan staf KUI UAD.

(B015)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024