Pengamat mendukung pembenahan tupoksi tiga lembaga negara

id lembaga negara

Pengamat mendukung pembenahan tupoksi tiga lembaga negara

Pengamat kebijakan dan manajemen publik dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Agus Heruanto Hadna Ph.D (ist)

Yogyakarta (Antara) - Pengamat kebijakan dan manajemen publik dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Agus Heruanto Hadna mendukung langkah pembenahan tugas pokok dan fungsi pelaksanaan tiga lembaga di lingkungan Istana Negara.

"Saat ini menjadi momentum tepat bagi pemerintah untuk membenahi tiga lembaga negara, khususnya di lingkungan Istana," kata dia, di Yogyakarta, Jumat.

Ia menyebutkan ketiga lembaga negara tersebut adalah Kantor Staf Presiden (KSP), Sekretariat Negara (Setneg), dan Sekretariat Kabinet (Setkab).

Menurut dia, pembenahan ketiga lembaga tersebut akan berimplikasi pada terciptanya keharmonisan kebijakan yang akan diterbitkan pemerintah.

"Harapan dari pembenahan tiga lembaga negara tersebut terciptanya harmonisasi birokrasi, khususnya lembaga yang berada di lingkungan Istana," ungkap Hadna.

Ia menilai masyarakat perlu mengetahui tupoksi dari ketiga lembaga negara tersebut, khususnya dalam mendukung visi dan misi presiden Sehingga pemerintah bisa mencapai target-target pembangunan yang direncanakan.

"Ketiga lembaga tersebut menjadi bagian terdekat dari pengambil kebijakan tertinggi di negara kita, yaitu Presiden Sehingga peran masing-masing sangat penting bagi terwujudnya rencana pemerintah. Karena itu, perlu ada pembenahan tupoksi ketiganya," papar Hadna.

Ia menambahkan pembenahan ketiga lembaga negara tersebut akan membangun efektivitas kelembagaan negara. Dampaknya efisiensi dan efektivitas keuangan negara menjadi semakin baik serta mencapai target pembangunan.

"Intinya, kami mendukung langkah pembenahan pemerintah terhadap tiga lembaga negara. Inilah saatnya," kata dia. ***2*** (KR-RHN)