Din: wacana sekolah sehari penuh perlu dipertimbangkan

id Din: wacana sekolah sehari penuh perlu dipertimbangkan

Din: wacana sekolah sehari penuh perlu dipertimbangkan

Din Syamsudin (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto) (antara)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan penerapan sekolah sehari penuh yang diwacanakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi perlu dipertimbangkan untuk memajukan kualitas pendidikan nasional.

"Sesungguhnya gagasan Mendikbud perlu dipertimbangkan. Jangan apriori dengan langsung menolak atau menerima," kata Din di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sabtu.

Din berpendapat bahwa penggunaan istilah "full day school" sesungguhnya terlalu berlebihan.

Menurut dia, Mendikbud seyogianya cukup menggunakan istilah penambahan alokasi waktu sekolah.

"Mungkin istilahnya agak didramatisasi saja. Karena tidak mungkin sekolah dari jam enam sampai jam enam lagi," kata dia.

Jika maksudnya untuk penambahan waktu sekolah, menurut Din, gagasan itu patut dipertimbangkan sebab banyak lembaga pendidikan yang telah sukses menerapkan metode pendidikan yang padat dan berisi, termasuk (sekolah) di lingkungan Muhammadiyah dan non-Muhammdiyah pun banyak yang berhasil menerapkannya.

Seperti di pesantren, menurut dia, bahkan bukan hanya metode sekolah sehari penuh yang diterapkan, melainkan "sekolah sehari semalam penuh".

"Saya produk pesantren. Saya belajar 24 jam. Oleh karena itu jangan apriori untuk menolak, didalami terlebih dahulu segala sesautu tentu ada baik dan buruknya," katanya.

Meski demikian, lanjut Din, apabila wacana itu diterapkan, tentu didahului dengan perencanaan dan infrastruktur yang matang, termasuk kesiapan guru.

"Hemat saya kalau bangsa ini mau maju ke depan memang harus mau banyak belajar dan meluangkan banyak waktu untuk pendidikan nilai," katanya.

(T.L007)