Pokdarwis Adikarto Manunggal gelar lomba mancing

id mancing

Pokdarwis Adikarto Manunggal gelar lomba mancing

Pelabuhan Tanjung Adikarta Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto ANTARA/Mamiek)

Kulon Progo (Antara) - Kelompok Sadar Wisata Adikarto Manunggal Desa Karangwuni, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar lomba mancing di kawasan Pelabuhan Tanjung Adikarkarto dalam rangka promosi objek wisata baru di kawasan ini.

Sekretaris Pokdarwis Adikarto Manunggal Karwa Aziz Purwanto di Kulon Progo, Minggu, mengatakan lomba diikuti sekitar 650-700 peserta berasal dari seputar DIY, Purworejo, dan Kebumen, ada peserta terjauh dari Ciamis dan Semarang.

"Dari pembicaraan dengan komunitas pemancing, selama ini Pantai Karangwuni memang dikenal sebagai spot mancing terbaik di sepanjang pantai selatan Yogyakarta. Titik yang paling bagus di selatan menara, itu sudah sangat terkenal, banyak pemancing-pemancing perseorangan maupun komunitas sudah mengenal itu," kata Karwa.

Karwa mengatakan ide awal digelarnya lomba mancing karena warga masyarakat Karangwuni prihatin dengan mangkraknya pelabuhan perikanan Tanjung Adikarto yang kemudian ada rencana redesain. Kelompoknya telah berkoordinasi dengan kepala dinas terkait dan masyarakat yang terdampak dipersilakan mengoptimalkan pelabuhan sebagai objek wisata karena di sela-sela pembangunan akan dilakukan redesain.

"Untuk memperkenalkan objek wisata Pantai Karangwuni pada masyarakat luas, kami menyelenggarakan kegiatan. Rencananya akan kami jadikan kegiatan tahunan, karena tropi KGPAA Paku Alam X merupakan tropi bergilir, walaupun tanggal dan momentum disesuaikan dengan musim untuk memuaskan peserta," kata dia.

Karwa mengatakan lima bulan terakhir ini, hasil tangkapan pemancing di Pantai Karangwuni sangat baik karena memang sedang musim. Ikan yang paling banyak diburu terutama jenis ikan gatho.

"Kami mengadakan kegiatan juga karena tangkapannya luar biasa. Bahkan sebelum puasa ada satu ikan gatho bobotnya 7 kg didapat orang Karangwuni. Musimnya cukup lama, ini sudah hampir 4-5 bulan," kata dia.

Camat Wates Aspiyah mengharapkan kegiatan mancing bisa menjadi pendukung utama pengembangan wisata di Pantai Karangwuni ke depan. Sementara Kerabat Puro Pakualaman (KPH) Bayudono menyampaikan dukungan terhadap penyelenggaraan kegiatan lomba mancing oleh Pokdarwis Adikarto Manunggal tersebut.

"Kami harapkan ini diselenggarakan tahunan, untuk menggerakkan wisata Pantai Karangwuni dan menggerakkan ekonomi di daerah ini," imbuhnya.

(KR-STR)