Ganjar: integritas-moralitas mahasiswa modal utama bangsa

id ganjar pranowo

Ganjar: integritas-moralitas mahasiswa modal utama bangsa

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo didampingi Rektor UGM Dwikorita Karnawati usai memberikan kuliah umum di kampus UGM, selasa (30/8) - (Foto ANTARA/RH Napitupulu/ags/16)

Yogyakarta (Antara) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan bahwa integritas diri dan moralitas mahasiswa menjadi modal utama pembangunan bangsa Indonesia.

"Sebagai pemimpin masa depan, setiap mahasiswa harus memiliki integritas dan moralitas yang baik," kata dia saat memberikan kuliah umum pada mahasiswa baru Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta, Selasa.

Ia mengatakan, integritas dan moralitas merupakan faktor penting yang lahir dari sikap dan kebiasaan hidup sehari-hari. Ujian terhadap keduanya, kata dia, sering terjadi saat seseorang berhadapan dengan kenikmatan hidup yang tidak seharusnya diperoleh.

Ia mencontohkan, sikap integritas dan moralitas para penjaga lembaga pemasyarakatan (lapas) di banyak daerah Indonesia saat ini, sering mengundang pertanyaan serius. Sebab uang telah mengalahkan integritas abdi negara dalam menjalankan tugas tanggung jawabnya.

"Integritas dan moralitas akan teruji saat seseorang mampu menghadapi persoalan ekonomi seperti ini. Meski tidak ada orang lain yang melihat, seseorang yang berintegritas dan bermoral akan tetap bertahan, apapun tantangannya," kata dia.

Oleh karena itu, mahasiswa yang berintegritas serta bermoral merupakan modal utama bangsa. "Mahasiswa UGM harus menjadikan keduanya sebagai prioritas utama," kata Ganjar.

Ia mengatakan, integritas dan moralitas masyarakat Indonesia salah satunya terlihat dari penerimaan dunia internasional terhadap produk-produk andalan Indonesia.

Banyak produk Indonesia yang berhasil menembus pasar internasional dalam skala besar seperti teh, kopi, dan rempah, tetapi karena tidak dijaga kualitasnya, maka drastis menurun.

"Itu semua sangat terkait dengan integritas diri dalam mengelola produk tersebut. Jadi integritas dan moralitas menjadi modal utama pembangunan bangsa Indonesia," kata Ganjar.***4***
(KR-RHN)