Pemkab ajak Pokdarwis laksanakan Sapta Pesono Wisata

id gunung kidul

Pemkab ajak Pokdarwis laksanakan Sapta Pesono Wisata

Gunung Kidul D.I.Yogyakarta (Foto Antara/Agus Priyanto)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengajak kelompok sadar wisata dan masyarakat di kawasan objek wisata melaksanakan sapta pesona wisata untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Wakil Bupati Gunung Kidul Immawan Wahyudi di Gunung Kidul, Kamis mengatakan semua pengunjung yang datang di Kabupaten Gunung Kidul adalah tamu agung.

"Siapapun tamu yang berkunjung adalah salah satu bentuk jihad yang harus kita sambut dengan baik dengan pelayanan yang prima," kata Immawan.

Ia mengatakan bahwa masyarakat Gunung Kidul adalah masyarakat yang mempunyai etos kerja tinggi, masyarakat yang menyengkuyung budaya dan mengutamakan swadaya masyarakat, maka kepada seluruh elemen pengelola wisata diimbau untuk dapat melaksanakan Sapta Pesona.

Sapta pesona meliputi keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan, dengan baik dan sungguh-sungguh.

"Pemerintah Daerah kabupaten Gunung Kidul mengharapkan dari Kementrrian Pariwisata benar-benar memaksimalkan dalam memberikan dukungan untuk mengelola potensi wisata yang ada, guna mewujudkan Gunung Kidul menjadi tujuan wisata ke dua setelah Pulau Bali, dan menjadikan Gunung Kidul sebagai destinasi wisata nasional," kata Immawan.

Kepala Bidang Pengembangann Produk Wisata Disbubpar Gunung Kidul Hary Sukmono mengatakan bahwa Kabupaten Gunung Kidul memiliki destinasi wisata yang berasal dari tiga daya tarik wisata,

Ketiga daya tarik terdiri atas daya tarik wisata alam (pantai, goa, pegunungan), daya tarik wisata budaya (seni campur sari, rasulan, gumbregan, wayang), daya tarik wisata buatan (embung, wisata wahana air ponjong).

Destinasi wisata yang paling banyak di Kabupaten Gunung Kidul adalah wisata alam dengan ciri khas yang berbeda dengan daerah lain, salah satunya berupa warisan bumi berupa kawasan karst.

"Pariwisata Gunung Kidul saat ini memiliki nilai tinggi sebagai warisan bumi yaitu kawasan karst. Kami mengajak semua pihak menyelenggarakan pariwisata sebagai tuan rumah hendaknya menjadi tuan rumah yang baik terhadap wisatawan yang berkunjung di wilayah Kabupaten Gunung Kidul," kata Hary Sukmono.
KR-STR