UGM siap memajukan kesehatan Indonesia

id UGM

UGM siap memajukan kesehatan Indonesia

Universitas Gadjah Mada (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta siap untuk terlibat aktif dalam mendukung dan memajukan sektor kesehatan Indonesia.

"Saat ini kita banyak menghadapi masalah-masalah kesehatan, misalnya terkait vaksin palsu atau berbagai wabah yang mengancam kesehatan masyarakat Indonesia. Karena itu, UGM siap untuk menyehatkan Indonesia sekaligus memajukan kesehatan Indonesia," kata Ketua Dies Natalis UGM ke-67, Budi Mulyono, di Yogyakarta, Jumat.

Senada dengan itu, Rektor UGM Dwikorita Karnawati mengatakan, isu kesehatan yang muncul di Indonesia mendorong UGM untuk melakukan pengembangan vaksin dan upaya pencegahan terhadap virus zika yang menarik perhatian serius pemerintah saat ini.

Karena itu, kata Dwikorita, pihaknya terus melakukan pembicaraan tentang hilirisasi hasil-hasil riset UGM, khususnya terkait inovasi di bidang kesehatan.

"Kita mendapat tantangan untuk memasukkan proposal riset lintas disiplin, karena ada begitu banyak peluang pendanaan. Selain itu, tahun 2017 mendatang UGM juga berencana untuk mengoperasikan laboratorium untuk inovasi produk alat kesehatan atau technomed factory, dimana UGM akan mengembangkan workshop atau industri-industri ceci untuk memproduksi produk-produk alat kesehatan unggulan yang berguns untuk memajukan kesehatan Indonesia," terang dia. 
(KR-RHN)

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024