Dosen-mahasiswa UGM didorong manfaatkan peralatan LPPT

id Dosen-mahasiswa UGM didorong manfaatkan peralatan LPPT

Dosen-mahasiswa UGM didorong manfaatkan peralatan LPPT

Universitas Gadjah Mada (Foto Istimewa) (istimewa)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mendorong dosen dan mahasiswa UGM memanfaatkan peralatan laboratorium yang dimiliki lembaga tersebut untuk mendukung keperluan riset.

"Selama ini alat-alat laboratorium tersebut lebih banyak digunakan pihak luar institusi UGM. Lebih dari 50 persen layanan kami dimanfaatkan pihak dari luar UGM," kata Kepala LPPT UGM Tri Joko Raharjo di Yogyakarta, Rabu.

Pada "talkshow" bertajuk "Mengenal Lebih Dekat LPPT", Tri mengatakan setiap tahun ada 300 peneliti UGM yang rutin memanfaatkan LPPT untuk mendukung kegiatan riset mereka. Dengan jumlah mahasiswa mencapai puluhan ribu orang, seharusnya lebih dari 1.000 peneliti UGM yang menggunakan layanan LPPT.

"Padahal, layanan penelitian dan pengujian dari luar UGM setiap tahun mencapai 1.600-an kali yang berasal dari instansi pemerintah dan swasta. Kami ingin menjangkau 1.000 peneliti dari dalam UGM," katanya.

Dalam rangka meningkatkan jumlah peneliti, kata dia, LPPT terus menyosialisasikan ke seluruh mahasiswa bahwa ada program bebas menggunakan alat bagi mahasiswa S-1 selama 6 bulan, mahasiwsa S-2 selama 1 tahun, dan mahasiswa S-3 selama 2 tahun.

"Untuk menggunakan alat di LPPT mereka tinggal mendaftar dari `account` mahasiswa UGM," katanya.

Selain itu, LPPT UGM juga menggandeng 14 laboratioum di tingkat fakultas untuk bekerja sama. Hal itu dilakukan untuk melengkapi kebutuhan peralatan laboratoium yang tidak didapatkan di tingkat fakultas.

Menurut dia, di kalangan dosen dan peneliti, LPPT juga memfasilitasi kegiatan grup riset seperti grup riset bidang produk makanan halal, teknologi satelit, dan kegunungapian untuk meningkatkan jumlah penelitian dan publikasi UGM.

LPPT saat ini memiliki ratusan alat laboratorium canggih untuk legiatan layanan pengujian, kalibrasi, dan kerja sama penelitian.

Bahkan, LPPT juga sudah dilengkapi peralatan dasar untuk keperluan penelitian biologi molekuler seperti PCR, RT-PCR dan DNA sequencer serta berbagai peralatan keperluan pemisahan dan karakterisasi molekul.

"Beberapa alat itu bisa untuk uji DNA, uji forensik bahkan kami sedang mengembangkan alat untuk uji virus zika," katanya.


(U.B015)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024