KPU Gunung Kidul laksanakan pemilihan ketua OSIS

id KPU Gunung Kidul laksanakan pemilihan ketua OSIS

KPU Gunung Kidul laksanakan pemilihan ketua OSIS

ilustrasi pelajar SMA (antaranews.com)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan melaksanakan Pemilihan Ketua OSIS di tiga sekolah sebagai pelajaran demokrasi di tingkat pelajar.

Ketua KPU Gunung Kidul M Zainuri Ikhsan di Gunung Kidul, Senin, mengatakan Pemilihan Ketua OSIS Kabupaten Gunung Kidul baru pertama digelar.

Pemilihan Ketua OSIS dilakukan di tiga sekolah yakni SMA N 1 Wonosari, SMK N 1 Wonosari, dan MAN Wonosari yang diiikuti oleh ribuan siswa.

"Pemilihan Ketua OSIS baru pertama kali digelar, dan bagian uji coba, yang akan digunakan untuk menyusun buku panduan di sekolah, dan akan dievaluasi pada Oktober nanti," kata Zainuri.

Ia mengatakan buku panduan Pemilihan Ketua OSIS ini nantinya akan digunakan untuk panduan seluruh sekolah, dengan harapan semua sekolah tingkat SMA/SMK di Gunung Kidul bisa melaksanakan kegiatan ini pada 2017.

"Kami sudah ada MoU dengan bupati, namun karena SMA dan SMK akan diserahkan ke provinsi maka kita akan berkoordinasi dnegan provinsi terkait kegiatan ini ke depan," ucapnya.

Zainuri mejelaskan Pemilihan Ketua OSIS ini dibuat semirip mungkin dengan pemilu presiden, dan memilih anggota dewan. Pemilihan Ketua OSIS ini dibuat dengan 3 TPS, nantinya setiap sekolah diajarkan bagaimana cara merekap hasil pemilihan di masing-masing TPS.

"Kami membantu fasilitasi dalam Pemilihan Ketua OSIS," katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA 1 Wonosari Muh Taufiq Salyono mengungkapkan pihaknya sudah selama tiga tahun terakhir menggelar pemilihan ketua OSIS dengan model pemilihan suara. Setiap calon juga melakukan kampanye layaknya wakil rakyat ataupun presiden.

"Pelaksanaan pemilihan ketua OSIS ini sebagai bagian dari pembelajaran PKN di kelas 11," katanya.

Diakuinya untuk saat ini belum ada buku panduan mengenai pemilkasis sehingga guru sedikit kesulitan untuk menerangkan kepada para siswa. Dalam pelaksanaan pilkasis di SMA 1 selama ini dibantu KPU dengan menyediakan bilik suara dan berbagai kebutuhan lainnya.









(U.KR-STR)